Blora on News :
Home » , » Tim Gabungan Kembali Amankan 275 Kayu Jati Curian di Desa Bleboh Jiken

Tim Gabungan Kembali Amankan 275 Kayu Jati Curian di Desa Bleboh Jiken

infoblora.com on Apr 7, 2015 | 8:00 AM

Tim gabungan Perhutani KPH Cepu dan Polsek Jiken Blora amankan 275 kayu jati olahan hasil curian di Desa Bleboh Kecamatan Jiken, kemarin.
BLORA. Lagi, operasi gabungan Perhutani KPH Cepu bersama Polsek Jiken mengamankan 275 batang kayu jati olahan berbagai ukuran yang tidak dilengkap surat-surat resmi, alias hasil pencurian.

Sebelumnya, operasi serupa ( KPH Cepu bersama Polsek Jepon) juga mengamankan 190 batang kayu jati berbagai ukuran di wilayah kering BKPH Nglobo tepatnya di Desa Kemiri, Kecamatan Jepon.

Kali ini, kayu ilegal yang diamankan saat operasi bersama dengan Polsek Jiken terdiri atas berbagai ukuran masing-masing kayu jati olahan dengan ukuran 0,12 x 0,04 x 4,50 sebanyak 63 batang. Selanjutnya, kayu jati yang sudah dibuat papan dengan ukuran 0,40 x 0,02 x 4,50 sebanyak 212 lembar.

Kayu ini ditemukan petugas pada salah satu rumah kosong milik warga Desa Bleboh, Kecamatan Jiken. Diolah Menurut Koordinator keamanan KPH Cepu, yang juga Waka ADM KPH Cepu, Agus Kusnandar, 275 kayu jati olahan yang diamankan tersebut diduga dicuri dari pohon tegakan yang di wilayah kawasan hutan BKPH Nglebur, BKPH Cabak dan BKPH Nanas.

Kayu jati hasil curian tersebut selanjutnya diolah menjadi berbagai macam ukuran dan selanjutnya disimpan di salah satu rumah kosong milik warga Bleboh yang saat ini sedang bekerja di Jakarta. ’’Kemungkinan modus kayu jatikayu jati olahan tersebut disimpan di rumah kosong, untuk mengelabuhi pengawasan petugas,’’ katanya.

Dia menjelaskan, dengan keberhasilan operasi di Jiken itu, berarti dalam waktu satu pekan ini operasi gabungan antara KPH Cepu bersama pihak kepolisian telah mengamankan kurang lebih 6,8 m2 kayu jati yang masih berbentuk gelondongan maupun yang sudah diolah menjadi berbagai macam ukuran. 

Kapolres AKBP Mujiyono menandaskan, pihaknya sepenuhnya mendukung dan membantu semua pelaksanaan operasi yang dilaksanakan KPH Cepu dan KPH lain. ’’Kami sepenuhnya akan mendukung untuk mengamankan kayu jati-kayu jati yang berada di wilayah kawasan hutan maupun di luar,’’ tandas Kapolres. (ud-SMNetwork | Jo-infoblora)
Share this article :

0 komentar:

 
Powered by : Mas Kolis
Info Iklan
Copyright © 2016. infoblora.com - All Rights Reserved