Blora on News :
Home » , » Terkendala Oven, Perajin Keramik Balong Kecamatan Jepon Kesulitan Penuhi Order

Terkendala Oven, Perajin Keramik Balong Kecamatan Jepon Kesulitan Penuhi Order

infoblora.com on Apr 3, 2015 | 1:00 AM

Ruang pamer sentra kerajinan keramik Balong Kecamatan Jepon. Saat ini perajin kesulitan memenuhi order pesanan karena terkendala oven yang jumlahnya minim.
BLORA. Perajin keramik di sentra kerajinan keramik Desa Balong Kecamatan Jepon Blora terkendala dengan kurangnya mesin oven sehingga beberapa pesanan harus ditolak. Padahal saat ini banyak pesanan yang datang dari luar Blora.

’’Setelah pameran di Surabaya, sebenarnya perajin diajak kerja sama untuk menyediakan keramik dalam jumlah yang besar, namun karena alat yang minim belum kami ambil,’’ ungkap salah seorang perajin Setiadi di sentra kerajinan keramik Desa Balong Kecamatan Jepon, kemarin.

Menurutnya perajin yang tergabung dalam Koperasi Keramik Bawono Aji memiliki mesin oven (pengering) dua buah. Namun yang satu sudah rusak sehingga kapasitas untuk produksi berkurang.

Praktis saat ini hanya satu yang bisa digunakan padahal order dari Blora sendiri juga cukup lumayan. ’’Untuk oven butuh banyak, sehingga jika ada pesanan banyak maka akan cepat dipenuhi,’’jelasnya.

Saat pameran di Surabaya selama enam hari, lanjut pria berkacamata ini, ada pelaku usaha dari sana yang meminta kerja sama dengan setiap bulannya harus menyetorkan 500 keramik jenis souvenir. ’’Ini sebenarnya peluang yang bagus dan mereka mengakui kalau hasil keramik sudah cukup bagus,’’tambahnya.

Sementara itu, sekretaris Forum Pengembangan Ekonomi Daerah (FPED) Blora Sri Raharjo mengatakan terbatasnya oven menjadi kendala bagi para perajin. Dua oven yang ada semuanya hasil bantuan dari Pemprov.

Untuk itu pada tahun ini pihaknya melalui FPED dan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Blora berencana memintakan bantuan kepada Pemprov malalui Dinas Perdangangan agar bisa mendapatkan mesin Oven. 

’’Saat ini sedang diupayakkan agar dapat bantuan lagi, bahkan kalau bisa Exxon Mobil Cepu yang telah mendampingi selama enam bulan lebih bisa memberikan bantuan serupa.’’ harapnya. (gie-SMNetwork | Jo-infoblora)
Share this article :

0 komentar:

 
Powered by : Mas Kolis
Info Iklan
Copyright © 2016. infoblora.com - All Rights Reserved