Blora on News :
Home » , » Tercemar Limbah Minyak, Lahan Pertanian di Desa Jiken Akan Direklamasi

Tercemar Limbah Minyak, Lahan Pertanian di Desa Jiken Akan Direklamasi

infoblora.com on Apr 21, 2015 | 1:30 AM

Salah seorang warga menunjukkan lahan sawah yang tercemar limbah minyak di Desa Jiken. Tanah sawah menjadi hitam dan tanaman padi tak bisa tumbuh subur bahkan mati.
BLORA. Lahan Pertanian sejumlah warga Desa Jiken yang terkena limbah pembuangan air dapur staging area milik rekanan Pertamina akan segera direklamasi. Menurut Camat Jiken, Djoko Sulistyono reklamasi lahan pertanian yang terkena limbah tersebut saat ini diambil alih PT Pertamina PEP Alas Dara Kemuning (Adk). 

’’Hal itu karena PT Abadi Bersemi Sentosa (ABS) selaku subkontraktor Pertamina yang sedang melakukan Re Entry dinilai lamban dalam menangani,’’ katanya.

Dia mengemukakan, oleh PT Pertamina proses reklamasi lahan pertanian yang terkena limbah kini diserahkan untuk ditangani oleh tim yang terdiri atas Muspika Kecamatan Jiken dan UPTD Pertanian Jiken.

Untuk lahan pertanian milik warga Desa Jiken yang terkena limbah dan akan reklamasi, di antaranya milik Rakidin dengan luas 0,6332 ha, Rohmanto (sawah 0,1200 ha), Jumanto (sawah 0,8718 ha) dan Cito (sawah 0,2815 ha). 

Sekedar diketahui, kondisi tanah pertanian milik warga Desa Jiken yang terkena limbah tersebut saat ini sangat memprihatinkan. Yakni tidak bisa ditanami tanaman jenis apapun. Hal ini dibenarkan oleh Kepala UPTD Pertanian Jiken, Wahyanto. Bahkan menurutnya, cacing juga ikut mati karena limbah tersebut. “Kulit juga akan terasa gatal apabila menyentuh air limbah tersebut,’’ tandas Wahyanto. (ud-SMNetwork | Jo-infoblora)
Share this article :

0 komentar:

 
Powered by : Mas Kolis
Info Iklan
Copyright © 2016. infoblora.com - All Rights Reserved