Blora on News :
Home » , » Pilkada 2015 : Sebelum Tentukan Calon Bupati, Demokrat Ingin Buat Koalisi Dahulu

Pilkada 2015 : Sebelum Tentukan Calon Bupati, Demokrat Ingin Buat Koalisi Dahulu

infoblora.com on Apr 28, 2015 | 2:00 AM

Bambang Susilo, Ketua DPC Partai Demokrat Kabupaten Blora.
BLORA. Partai Demokrat hingga saat ini belum memutuskan siapa calon bupati dan wakil bupati yang akan diusung dalam Pilkada Blora, 9 Desember 2015. Partai yang dipimpin Bambang Susilo tersebut, saat ini lebih cenderung ingin membangun rumah koalisi dengan partai lainnya.

Apalagi, meski menjadi pemenang pileg dengan meraih delapan kursi di DPRD, namun perolehan kursi tersebut belum cukup untuk memberangkatkan pasangan calon bupati dan wakil bupati sendiri. Sesuai ketentuan yang berlaku, partai politik atau gabungan partai politik yang berhak mengusung pasangan calon minimal meraih sembilan kursi di DPRD.

’’Ibaratnya kami ingin membangun rumah pengantin dulu. Setelah rumah jadi, barulah rumah itu diisi oleh pengantin. Siapa pengantinnya itu? Kami fokus membangun rumah koalisi dulu,’’ kata Ketua DPC Bambang Susilo, kemarin.

Koalisi PDIP
Pernyataan itu menjawab kabar yang menyatakan Demokrat akan berkoalisi dengan PDIP. Apalagi hingga saat ini PDIP masih membuka pendaftaran penjaringan calon bupati dan wakil bupati. ’’Partai Demokrat juga akan ikut gabung,’’tandas Ketua DPC PDIP HM Dasum. 

Menyikapi statemen Dasum tersebut, Bambang Susilo menegaskan Demokrat selama ini menjalin komunikasi politik dengan partai lain. ’’Komunikasi dengan Partai Hanura juga pernah. Bahkan beritanya sudah dimuat media,’’katanya. 

Menurutnya, komunikasi itu antara lain sebagai upaya untuk membangun koalisi, meski hingga saat ini koalisi yang diinginkan belum terbentuk. Dia tidak mau memberi jawaban tegas terkait persyaratan dalam koalisi mengingat Demokrat perolehan kursinya lebih banyak dibanding partai lain. Apakah dengan memperoleh delapan kursi di DPRD, Demokrat menghendaki memberikan syarat dalam koalisi kelak calon bupati yang diusung adalah dari Demokrat.


Sedangkan partai lainnya posisi calon bupati? ’’Terpenting kami bangun komunikasi dulu. Setelah itu membentuk koalisi. Barulah kemudian dipikirkan siapa calon yang akan diusung. Sampai saat ini rumahnya (koalisi- red) belum jadi, sehingga siapa yang akan menempati rumah itu belum ditentukan,’’tegasnya. (Abdul Muiz-SMNetwork | Jo-infoblora)
Share this article :

0 komentar:

 
Powered by : Mas Kolis
Info Iklan
Copyright © 2016. infoblora.com - All Rights Reserved