Blora on News :
Home » , » Perajin Batik Blora Terus Kembangkan Motif Baru Untuk Menarik Pasar

Perajin Batik Blora Terus Kembangkan Motif Baru Untuk Menarik Pasar

infoblora.com on Apr 17, 2015 | 2:00 AM

Salah satu motif baru Batik Blora yang dibuat di Mustika Art Galery milik Hurip Indiani belum lama ini. (dok-infoblora)
BLORA. Agar bisa terus bersaing di pasaran. Para perajin Batik Blora terus melakukan kreasi, salah satunya dengan membuat motif-motif baru yang lebih berwarna dan variatif. Motif tersebut sangat beragam dan bebas.

“Banyak motif yang saat ini di buat dan banyak pemesan kadang yang memilih desainnya sendiri, kita ngikuti saja,”ungkap Salah seorang perajin Batik Blora Hurip Indiani.

Namun demikian motif yang ada tetap tidak meninggalkan motif khas Blora seperti kambium kayu jati, atau burung merak, daun jati, semar serta beberapa tokoh pewayangan dan bungabunga. Untuk warna, juga menyesuaikan apa yang dimaui pembeli. Dia mengakui kalau tudak kreatif dalam membuat motif baru tentu akan sulit bersaing.

Saat ini trennya banyak pemesan yang melihat-lihat motif yang ada di galeri kemudian memesannya. Motif baru itu biasanya dia gambar sendiri. “Saat Lembaga pendidikan yang ada di Blora banyak yang pesan bahkan dalam jumlah yang besar,” terang pemilik Mustika Art Galeri ini.

Untuk pangsa pasar sendiri, Hurip mengaku banyak juga yang dari luar Blora yang memesan, sedangkan untuk masyarakat Blora biasanya saat event-event tertentu dan kegiatan instansi ataupun untuk orang yang punya hajatan pernikahan. “Pembeli sudah punya langganan sendiri dan datang langsung di toko ataupun di rumah langsung,” jelasnya.

Sementara itu Sekretaris Forum Ekonomic Development and Enviorenment Program (FEDEP) Blora Sri Raharjo mengatakan kalau kreasi motif memang dikembangkan sendiri oleh para perajin. “Memang harus inovasi dan kreasi selain itu kualitas juga menjadi perhatian bagi para perajin,” tegas Sri Raharjo. (gie-SMNetwork | Jo-infoblora)
Share this article :

0 komentar:

 
Powered by : Mas Kolis
Info Iklan
Copyright © 2016. infoblora.com - All Rights Reserved