Blora on News :
Home » , , » Pemkab Belum Menerima Hibah 40 LPJU Solar Cell Jalur Blora-Cepu dari ESDM Jateng

Pemkab Belum Menerima Hibah 40 LPJU Solar Cell Jalur Blora-Cepu dari ESDM Jateng

infoblora.com on Apr 22, 2015 | 1:00 AM

Salah satu lampu penerangan jalanumum (LPJU) solar cell di ruas Blora-Cepu bantuan dari Dinas ESDM Jawa Tengah.
BLORA. Kepala Dinas Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Blora, Setyo Edy menegaskan, pihaknya tak mau menerima hibah lampu penerangan jalan umum (LPJU) tenaga surya (solar cell) di jalur Blora-Cepu sebelum LPJU tersebut nyala semua.

LPJU yang berada di sepanjang jalan provinsi Jateng di kawasan hutan Cabak-Sambong itu adalah proyek Dinas ESDM Jateng. Proyek dilaksanakan akhir tahun lalu. Sebanyak 40 LPJU terpasang di kawasan hutan jati.

Namun dari jumlah tersebut, tidak semuanya menyala. ”Pekan lalu saya cek sendiri. Ternyata masih banyak yang mati. Kebetulan pada malam hari saya melewati jalur Blora-Cepu,” ujar Setyo Edy, kemarin. 

Ada banyak kemungkinan mengapa beberapa LPJU itu masih ada yang belum menyala. Bisa jadi karena ada bola lampunya yang mati atau kerusakan teknis lainnya. Misalnya karena perangkat penyimpan energi sinar matahari tertutup dedaunan pohon jati.

Menurut Setyo Edy, LPJU tersebut saat ini berada dalam masa pemeliharaan oleh kontraktor. Sehingga jika ada kerusakan, tanggungjawab perbaikan berada pada kontraktor.

Dia menuturkan, 40 LPJU itu menurut rencana nantinya akan dihibahkan ke Pemkab Blora. Hanya saja sebelum dihibahkan, kata Setyo Edy, pihaknya menginginkan kondisi LPJU tersebut nyala seluruhnya. ”Sebelum dihibahkan, harus dipastikan dulu nyala semua. Kalau masih ada yang mati, kami tak mau menerimanya,” tegasnya.

Informasi adanya LPJU solar cell yang padam dikemukakan pula sejumlah pengendara yang melintas di jalur tersebut pada malam hari. ”Saya perkirakan lebih dari lima buah yang mati. Padahal kan belum lama selesai dibangun,” tandas Mustofa, salah seorang warga. 

Dia menyambut gembira adanya pembangunan LPJU di sepanjang jalan raya di kawasan hutan jati. Mustofa mengaku beberapa kali melintasi jalur tersebut pada malam hari. Jalan raya yang tadinya gelap menjadi terang setelah adanya LPJU tersebut. 

”Tapi ada juga yang masih belum menyala. Saya tidak tahu pasti mengapa seperti itu, padahal LPJU lainnya menyala. Tentu saja yang belum menyala itu harus segera diperbaiki,” harapnya. (Abdul Muiz-SMNetwork | Jo-infoblora)
Share this article :

1 komentar:

hendro idea said...

Cieee senengnya pemkab dapet lampu hibah..

 
Powered by : Mas Kolis
Info Iklan
Copyright © 2016. infoblora.com - All Rights Reserved