Blora on News :
Home » , , » Pasca Kunjungan Presiden, Wisata Kampung Samin Blora Makin Dikenal

Pasca Kunjungan Presiden, Wisata Kampung Samin Blora Makin Dikenal

infoblora.com on Apr 2, 2015 | 1:00 AM

Kunjungan Presiden Jokowi dan Gubernur Ganjar Pranowo ke Kampung Samin Klopoduwur Blora (07/3) lalu. Pasca kunjungan tersebut, kini Kampung Samin semakin dikenal. (jo-infoblora)
BLORA. Penunjukan Kampung Samin Dukuh Karangpace, Desa Klopoduwur, Kecamatan Banjarejo, Blora, sebagai desa wisata unggulan, makin membuahkan hasil. Kedatangan warga dari luar Blora ke Kampung Samin terus mengalir. Tidak hanya untuk berwisata, kedatangan mereka antara lain juga dalam rangka studi, penelitian akademis dan mempererat persaudaraan.

Gaung Dukuh Karangpace sebagai wisata unggulan semakin membahana ketika Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyempatkan mampir ke Kampung Samin yang berjarak sekitar 10 kilometer dari pusat kota Blora. Padahal kunjungan tersebut belum diagendakan hingga satu hari menjelang presiden tiba di Blora.

Magnet pelestarian budaya dan kearifan lokal yang selama ini dipraktikan Sedulur Sikep Samin mampu membawa presiden menyempat diri mengunjungi Kampung Samin di tengah padatnya agenda kunjungan kerja di Blora, Sabtu (7/3) lalu. 

’’Dengan adanya kunjungan Presiden ke Kampung Samin Karangpace tentu saja makin mengangkat wilayah tersebut sebagai ikon wisata unggulan Blora. Selama ini Pemkab melalui DPPKKI terus berupaya mempromosikan Kampung Samin sebagai lokasi wisata, studi dan penelitian,’’ujar Kepala Dinas Perhubungan Pariwisata Kebudayaan Komunikasi dan Informatika (DPPKKI), Slamet Pamuji melalui Kepala Bidang Pariwisata, Sugiyanto, kemarin.

Promosi gencar disertai pembenahan sarana prasarana di Kampung Samin yang dilakukan Pemkab kini seakan telah menuai keberhasilan. Apalagi upaya tersebut mendapat dukungan sepenuhnya dari sesepuh Sedulur Sikep Samin Karangpace, Mbah Lasio dan warga Samin lainnya.

Mbah Lasio menekankan semua warga khususnya Sedulur Sikep selalu menjaga kerukunan. Menurutnya, seni budaya dan tradisi masyarakat Samin yang selama ini telah lestari, harus tetap dipertahankan.

Dia pun mendukung upaya pemerintah yang menjadikan Kampung Samin Sikep Desa Klopoduwur Sebagai Wisata Unggulan Kabupaten Blora. ’’Monggo sami rukun, ojo gampang nyalahke yen durung nyatakke, (Mari rukun, jangan gampang menyalahkan sebelum ada kenyataan). Kalau semua untuk kebaikan dan bermanfaat, silahkan saja dilaksanakan dan digagas bersama, saya mengikutinya,’’kata Lasio.

Kepala Bidang Pariwisata DPPKKI, Sugiyanto menyatakan, sebanyak 150 pelaku wisata yang tergabung dalam Asosiasi Pelaku Pariwisata Indonesia (ASPPI) akan mengunjungi Kampung Samin Karangpace, 27-29 April.

Mereka antara lain terdiri dari pelaku usaha biro wisata, perhotelan, wisatawan nusantara dan mancanegara. Selain di Kampung Samin, ASPPI juga akan menyicipi wisata Loko Tour Perhutani di Kecamatan Cepu, Sumur Minyak Tua di Kawasan Ledok Sambong dan ke Waduk Tempuran. (Abdul Muiz-SMNetwork | Jo-infoblora)
Share this article :

1 komentar:

hendro idea said...

Bakal ramai juga perang umbul2 cabup..

 
Powered by : Mas Kolis
Info Iklan
Copyright © 2016. infoblora.com - All Rights Reserved