Blora on News :
Home » , » Operasi Simpatik Candi 2015, Satlantas Blora Tertibkan Aksi Balap Liar Malam Hari

Operasi Simpatik Candi 2015, Satlantas Blora Tertibkan Aksi Balap Liar Malam Hari

infoblora.com on Apr 10, 2015 | 7:00 AM

Petugas amankan sejumlah motor pembalap liar yang tidak melengkapai kelengkapan surat-surat bermotor. (ilustrasi)
BLORA. Petugas gabungan dari Satlantas Polres Blora dan Satuan Polisi Pamong Praja Blora menyisir sejumlah tempat jalan raya, yang menjadi lokasi tongkrongan anak muda. Satu di antaranya untuk menangani pembalap liar yang meresahkan warga.

Kegiatan dilakukan juga dalam rangka untuk menertibkan dan melakukan pengecekan kelengkapan para pengendara bermotor.  Penertiban dilakukan lantaran adanya dugaan tempat-tempat tersebut menjadi tempat berkumpulnya para pembalap liar. Operasi yang dilakukan sekitar pukul 21.00 WIB berhasil menjaring puluhan pemuda beserta motornya.

Kasatgas 2 Bidang Binluh Kamtiblantas Polres Blora, Iptu Yorisa Prabowo, mengungkapkan dalam razia yang digelar sebagai rangkaian Operasi Simpatik Candi 2015 itu, petugas gabungan langsung memberikan pembinaan di tempat. Di antaranya berupa surat teguran agar mereka tidak mengulangi balapan di jalan raya. 

”Selain itu juga, petugas memeriksa sejumlah pengendara motor yang tidak menggunakan helm, tidak memasang kaca spion dan tidak menyalakan lampu utama. Serta kelengkapan kendaraan yang tidak standar,” katanya.

Yorisa menjelaskan, operasi Simpatik Candi 2015 yang dilaksanakan terhitung mulai 1 hingga 21 April. Tujuan kegiatan untuk menyosialisasikan pentingnya tertib berlalu lintas demi keselamatan bersama.

”Operasi Simpatik Candi 2015 kali ini juga mempunyai sasaran untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat di bidang lalu lintas,” tandasnya.

Kepala Satuan Lalu Lintas (Kasat Lantas) Polres Blora, AKP Eko Pujiyono mengemukakan, operasi gabungan dengan Satpol PP tidak hanya dilakukan dengan sasaran pengguna kendaraan. Tim gabungan Operasi Simpatik Candi 2015 juga menertibkan sejumlah tempat parkir di pusat-pusat keramaian yang ada di Blora. 

”Kami memang sengaja bersama Satpol  PP untuk menertibkan para pengguna motor yang tidak tertib. Kami juga menertibkan para pedagang kaki lima (PKL) yang berjualan di bahu jalan. Langkah ini dilakukan agar keberadaan para pedagang tersebut tidak mengganggu arus lalu lintas. Sebab, selama ini salah satu penyebab terjadi kemacetan dan kecelakaan lalu lintas adalah keberadaan PKL yang semrawut.” Jelasnya.

Pujiyono menegaskan, Operasi Simpatik Candi 2015 kali bersifat persuasif. Yaitu, pelanggar lalu lintas tidak ditilang melainkan hanya diberi imbauan dan sosialisasi mengenai peraturan lalu lintas. ”Jika memang kesalahannya fatal diberikan surat teguran agar ke depannya tidak mengulangi kesalahan yang sama,” tandasnya. (Priyo-Koma |Jo-infoblora)
Share this article :

0 komentar:

 
Powered by : Mas Kolis
Info Iklan
Copyright © 2016. infoblora.com - All Rights Reserved