Blora on News :
Home » , , » Mulai 16 April 2015 Besok Minimarket Dilarang Jual Minuman Beralkohol

Mulai 16 April 2015 Besok Minimarket Dilarang Jual Minuman Beralkohol

infoblora.com on Apr 15, 2015 | 1:30 PM

Hari ini adalah hari terakhir yang ditetapkan pemerintah kepada minimarket untuk bisa menjual minuman beralkohol. Dengan pemberlakuan Peraturan Menteri Perdagangan No.06/M-DAG/PER/1/2015 maka mulai 16 April besok segala bentuk minuman beralkohol dilarang dijual di minimarket. (dok-infoblora)
BLORA. Larangan bagi minimarket menjual minuman beralkohol mulai berlaku efektif besok Kamis (16/4). Pelarangan tersebut berdasarkan peraturan Menteri Perdagangan No.06/M-DAG/PER/1/2015 tentang perubahan kedua atas Permendag No.20/M-DAG/PER/4/2014.

Sebelumnya minimarket diperbolehkan untuk menjual minuman beralkohol dengan kadar di bawah lima persen. Namun sekarang berdasarkan Permendag tersebut, minimarket samasekali tidak boleh menjual minuman beralkohol.

Menjelang diberlakukannya Permendag itu, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) bersama Komisi A DPRD Blora serta Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (Disperindagkop UMKM) melakukan sidak ke sejumlah minimarket di Kecamatan Blora, Rabu (15/4).

Dalam sidak itu, masih dijumpai minimarket yang menjual minuman beralkohol. Mereka pun diminta tidak lagi berjualan minuman tersebut mulai Kamis (16/4). ‘’Sidak itu juga dalam rangka sosialisasi Permendag,’’ ujar Kepala Satpol PP Blora, Sri Handoko.

Menurutnya, sidak sekaligus sosialisasi itu dilakukan mengantisipasi kemungkinan adanya pihak minimarket yang belum mengetahui aturan baru terkait penjualan minuman beralkohol.

Setelah mengetahui adanya pemberlakuan Permendag itu, tidak ada alasan lagi bagi minimarket menjual minuman beralkohol. ‘’Kami minta aturan tersebut ditaati,’’ tandasnya.

Guna mengantisipasi berpindahnya penjualan minuman beralkohol ke tempat lain seiring pemberlakukan Permendag, Sri Handoko menyatakan bakal berkoordinasi dengan pihak kepolisian. Apalagi menurutnya hingga saat ini Pemkab Blora belum memiliki peraturan daerah (perda) yang mengatur penjualan minuman beralkohol.

‘’Satpol PP menegakan hal-hal yang telah diatur dalam perda. Kalau sudah masuk ranah pidana yang diatur dalam UU, itu menjadi kewenangan pihak kepolisian,’’ katanya. (Abdul Muiz-SMNetwork | Jo-infoblora)
Share this article :

0 komentar:

 
Powered by : Mas Kolis
Info Iklan
Copyright © 2016. infoblora.com - All Rights Reserved