Blora on News :
Home » , » Mewacanakan Pentingnya Seba bagi Sedulur Sikep Samin di Blora

Mewacanakan Pentingnya Seba bagi Sedulur Sikep Samin di Blora

infoblora.com on Apr 27, 2015 | 8:00 AM

Upaya Pemkab Blora nguri-uri kebudayaan Samin, direspon masyarakat dengan maraknya penjualan serba serbi kaos bergambar Ki Samin Surosentiko seperti yang ada di kawasan Blok T Blora.beri
BLORA. Upaya Pemkab Blora dalam nguri uri keberadaan warga Samin mulai dengan mengenakan pakaian khas Samin bagi pegawai Pemkab, Ki Samin Surosentiko dijadikan nama gedung di perkantoran Pemkab. Hal ini direspon warga Blora dengan maraknya penjualan, pembelian dan  pemakai kaos bergambar Ki Samin.

Menurut Moh. Rosyid, peneliti Samin dan pemerhati sejarah dari STAIN Kudus, hal ini sebagai wujud sinkronisasi program Pemkab yang direspon positif oleh warga Blora.

”Hal tersebut berkebalikan arus dengan persepsi Pemkab dan warga Blora era Orde Baru terhadap warga Samin yang memandang warga Samin  dengan sebelah mata,” ujarnya Senin (27/4).

Akan tetapi, lanjut Rosyid, perlu upaya pengembangan interaksi antara warga Samin dengan Pemkab. Yakni memberi ruang dialog bagi warga Samin di Pendapa Kabupaten Blora secara rutin dan berkala.

Hal ini berkiblat tradisi Seba Gede warga Suku Badui Dalam dan Badui Luar, yaitu memberi hasil bumi dan menyampaikan keluhan warga Badui di Lebak Provinsi Banten dengan pemimpinnya (Gubernur Banten).

”Harapan berikutnya, Bupati Blora dapat dicontoh oleh Bupati lainnya yang memiliki warga Samin (Pati dan Kudus) untuk diajak memikirkan pembangunan, tidak dianaktirikan, atau didekati tatkala punya ‘gawai’ saja,” tandas Rosyid.

Menurutnya, interaksi ini merupakan bentuk karakter kebapakan sang pemimpin dalam mengayomi komunitas minoritas.

Dengan pertemuan rutin dan berkala tersebut, diharapkan unek unek warga Samin dapat didengar langsung oleh pimpinan tanpa perantara. ”Manfaat yang lebih besar bagi warga Samin adalah tumbuhnya image positif dari publik,” tegasnya. (Abdul Muiz-SMNetwork | Jo-infoblora)
Share this article :

0 komentar:

 
Powered by : Mas Kolis
Info Iklan
Copyright © 2016. infoblora.com - All Rights Reserved