Blora on News :
Home » , » Kerajinan Kain Perca di Desa Singonegoro Kec.Jiken Terus Dikembangkan

Kerajinan Kain Perca di Desa Singonegoro Kec.Jiken Terus Dikembangkan

infoblora.com on Apr 22, 2015 | 12:30 AM

Ibu Umi Djoko Nugroho didampingi sekretaris Disperindagkop UMKM, Hurip Indiani memantau kerajinan kain perca di Desa Singonegoro Kec.Jiken.
BLORA. Potensi kerajinan dari kain perca yang dilakukan oleh ibu rumah tangga dan kaum perempuan di Desa Singonegoro, Kecamatan Jiken, Blora terus dioptimalkan. Salah satunya dengan melakukan diversifikasi produk agar kerajinan kain perca agar menjadi produk yang memiliki nilai ekonomis tinggi.

Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan UMKM (Disperindagkop dan UMKM), Blora, Maskur melalui Sekretaris dinas Hurip Indiani mengatakan, selama ini Desa Singonegoro penghasil beberapa kerajinan dari kain perca mulai khususnya keset.

Pelatihan yang dilakukan nantinya bisa melatih perajin membuat kain perca tidak hanya keset tetapi yang lain seperti, penutup galon, tas,serta kerajinan kreatif perlengkapan rumah tangga. “Pelatihan perajian dilakukan agar produk yang dihasilkan bisa berkualitas dan memenuhi selera pasar,” ujarnya.

Dia menjelaskan, produk yang dihasilkan selama ini cukup baik dan berhasil dipasarkan di beberapa tempat, namun produk harus bervariasi dan beragam sehingga banyak pilihan bagi masyarakat. Untuk semakin memperkuat dan produksi maksimal diberikan 20 buah mesin jahit kepada perajin.

Sementara itu, selama ini produk kain perca dalam pemasaran dibantu Koperasi ISM Mulia Sejahtera, bahkan beberapa di antaranya masuk di Luwes mall salah satu supermaket terbesar di Blora.

Sementara itu, Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Blora, Umi Kulsum melihat kerajinan kain perca merupakan salah satu usaha mikro kecil menengah serta kerajinan kreatif di Blora. (gie-SMNetwork | Jo-infoblora)
Share this article :

0 komentar:

 
Powered by : Mas Kolis
Info Iklan
Copyright © 2016. infoblora.com - All Rights Reserved