Blora on News :
Home » , » Jembatan Bacem Yang Ambrol Pekan Lalu Akan Diperbaiki Tahun Ini Juga

Jembatan Bacem Yang Ambrol Pekan Lalu Akan Diperbaiki Tahun Ini Juga

infoblora.com on Apr 23, 2015 | 12:30 AM

Longsoran bekas jembatan penghubung Desa Bacem ke Dukuh Glagah Desa Sendanggayam Kec.Banjarejo. Tahun ini jembatan segera dibangun kembali.
BLORA. Dinas Pekerjaan Umum (DPU) memastikan jembatan di Desa Bacem, Kecamatan Banjarejo yang putus akibat tanah penopangnya longsor, akan diperbaiki tahun ini juga. Dananya sebesar Rp 150 juta. Dana tersebut diambilkan dari pergeseran anggaran perbaikan jalan di sekitar jembatan.

’’Kebetulan tahun ini jalan di dekat jembatan itu akan diperbaiki. Namun setelah ada kejadian putusnya jembatan, kami akan gunakan sebagian dana perbaikan jalan itu untuk memperbaiki jembatan,’’ ujar Pelaksana Tugas (Plt) Kepala DPU Blora Bondan Sukarno, kemarin.

Menurutnya, setelah melihat langsung kondisi jembatan dan mengecek perencanaan pembangunan insfrastruktur di Kecamatan Banjarejo, ternyata ada celah untuk memperbaiki jembatan tersebut. Tahun lalu, kata dia, ada proyek peningkatan jalan di wilayah tersebut. Dan, tahun ini akan dilanjutkan proyeknya.

Anggaran untuk perbaikan jalan itu sudah masuk dalam APBD 2015. Dana untuk perbaikan jalan itulah yang akan digeser untuk memperbaiki jembatan. Peningkatan jalan menjadi jalan hotmix itu kemungkinan tidak bisa dilakukan semuanya, karena dananya dialihkan ke perbaikan jembatan.

’’Dengan dana sekitar Rp 150 juta sudah cukup untuk memperbaiki jembatan seperti saat kondisi semula. Komponen-kompenan jembatan akan dipakai lagi. Perbaikan jembatan itu penting sehingga kami dahulukan,’’ kata Bondan Sukarno yang juga menjabat Asisten II Sekretariat Daerah (Setda) Blora.

Di lokasi, meski kondisi badan jembatan putus dan miring, sebagian warga nekat melewatinya untuk sampai seberang. Mereka pelan-pelan turun ke dasar sungai dengan meniti jembatan yang ambruk.

Hal itu terpaksa dilakukan karena jika memutar jaraknya terlalu jauh. Terlebih untuk anakanak sekolah. Diberitakan sebelumnya, jembatan di Desa Bacem, Kecamatan Banjarejo putus awal April 2015. Jembatan tersebut menghubungkan Desa Bacem dengan Dusun Glagah, Desa Sendanggayam juga desa lainnya.

Jembatan ini ambrol dan putus setelah diterjang hujan lebat. Warga berharap pemkab segera turun tangan memperbaiki jembatan tersebut. Sebab, jembatan itu adalah satu-satunya akses warga desa untuk beraktifitas keluar kampung. Saat ini,warga harus memutar dengan jarak yang cukup jauh.

Jika jalan kaki dan sungai tidak sedang penuh air, warga biasanya menerobos dengan jalan menuruni tebing di samping jembatan yang ambrol untuk bisa sampai seberang. (Abdul Muiz-SMNetwork | Jo-infoblora)
Share this article :

0 komentar:

 
Powered by : Mas Kolis
Info Iklan
Copyright © 2016. infoblora.com - All Rights Reserved