Blora on News :
Home » , , » Jawa Tengah Travel Mart 2015 Akan Kunjungi Kampung Samin, Loko Tour & Sumur Angguk

Jawa Tengah Travel Mart 2015 Akan Kunjungi Kampung Samin, Loko Tour & Sumur Angguk

infoblora.com on Apr 18, 2015 | 2:30 AM

Pendopo Kampung Samin Klopoduwur Blora salah satu tujuan acara Jawa tengah Travel Mart 2015. Peserta nantinya akan disuguhkan dolanan bocah, dialog dengan sesepuh Samin Mbah Lasiyo dan pameran berbagai produk UMKM.
BLORA. Jawa Tengah Travel Mart (JTTM) 2015 akan digelar di Blora, Rembang dan Pati, 27- 29 April mendatang. Di Blora, kegiatan yang diadakan Asosiasi Pelaku Pariwisata Indonesia (ASPPI) DPD Jateng itu akan mendatangi sejumlah lokasi wisata.

Yakni di Kampung Sikep Samin, Klopoduwur, Kecamatan Banjarejo, farm trip ke pengeboran minyak tua berups sumur angguk di Nglobo, Kecamatan Jiken serta Loko Tour yang dikelola Perhutani KPH Cepu. Pihak Perhutani pun telah siap menerima kunjungan para wisatawan tersebut.

‘’Sudah disiapkan semuanya. Loko Tour sudah siap dinaiki,’’ ujar Administratur (Adm) Perhutani KPH Cepu, Endro Kusjianto melalui Kepala Sarana dan Prasarana KPH Perhutani Cepu Imam W, kemarin.

Seperti diberitakan, di selasela kunjungan Gubernur Jateng Ganjar Pranowo ke Blora, 5 Februari 2015, Gubernur bersama rombongan sempat hendak mencicipi eksotisnya hutan jati yang dilewati loko wisata buatan Jerman. Namun baru berjalan tiga meter dari Depo Perhutani, loko tua tersebut anjlok. Perjalanan pun tak jadi dilanjutkan.

Diduga penyebab anjloknya roda kereta api tersebut adalah jumlah penumpang yang melebihi kapasitas. Selain itu juga gemburnya tanah penyangga rel usai diguyur hujan lebat pada malam hari.

JTTM merupakan program kerja tahunan DPD ASPPI Jateng tersebut bertujuan mempromosikan seluruh potensi wisata yang ada di sejumlah daerah di Jateng.
Tahun lalu JTTM digelar di Wonosobo dan Banjarnegara. JTTM tahun ini akan diikuti 60 buyer dari seluruh Indonesia dan 4 buyer luar negeri. Sedangkan seller berjumlah 40 berasal dari Jawa Tengah. Di hari pertama, 27 April, rombongan memusatkan kegiatan di Blora.

Adapun hari berikutnya di Rembang, akan digelar table top yang mempertemukan seller dan buyer dalam satu meja bisnis, lalu mengunjungi Batik Lasem dan sejumlah objek wisata lainnya. Di hari ketiga di Pati, melakukan kunjungan wisata industri di kerajinan logam kuningan dan industri kacang kulit.

‘’Untuk kegiatan yang diadakan di Blora, kami sudah menyiapkan segala sesuatunya, termasuk koordinasi dengan Perhutani,’’tandas Kepala Dinas Perhubungan Pariwisata Kebudayaan Komunikasi dan Informatika (DPPKKI) Blora Slamet Pamuji melalui Kepala Bidang Pariwisata, Sugiyanto.

Sebagai tuan rumah, kata Sugiyanto, Blora telah menyiapkan sejumlah acara. Wisatawan yang tiba di Tourism Information Center (TIC) di kawasan alun-alun akan dihibur seni barongan.

Mereka juga akan mengenakan iket hitem yang diberikan panitia. Selanjutnya wisatawan itu dibawa ke kampung samin. Di tempat itu nantinya dipamerkan produk batik Pokdawis Desa Klopoduwur, hiburan dolanan anak dan jamasan alat pertanian. Silaturahmi dengan Mbah Lasio juga diagendakan.


‘’Kami koordinasi dengan sejumlah pihak baik instansi, pengrajin dan warga. Kami berharap kegiatan nanti berjalan lancar dan membawa kesan mendalam bagi para wisatawan,’’ kata Sugiyanto. (Abdul Muiz-SMNetwork | Jo-infoblora)
Share this article :

0 komentar:

 
Powered by : Mas Kolis
Info Iklan
Copyright © 2016. infoblora.com - All Rights Reserved