Blora on News :
Home » , » Hadapi Pilkada Blora 2015, Demokrat Mulai Dekati Hanura Untuk Berkoalisi

Hadapi Pilkada Blora 2015, Demokrat Mulai Dekati Hanura Untuk Berkoalisi

infoblora.com on Apr 15, 2015 | 1:00 PM

Bambang Susilo (paling kanan) Ketua Partai Demokrat Kabupaten Blora kahir-akhir ini intens mendekati Hanura untuk membentuk koalisi mengusung bakal calon bupati dalam Pilkada 2015.
BLORA. Partai Demokrat Blora menyadari butuh berkoalisi dengan partai lainnya agar bisa mengusung pasangan calon bupati dan wakil bupati di Pilkada Blora 2015. Partai Demokrat mendapatkan delapan kursi di DPRD. Jumlah itu masih kurang satu kursi agar bisa mengusung pasangan calon. 

Sesuai ketentuan yang berlaku, parpol atau gabungan parpol yang berhak mengusung pasangan calon di pilkada adalah yang meraih minimal 20 persen jumlah kursi di DPRD. Jumlah kursi di DPRD sebanyak 45 kursi, 20 persen dari 45 adalah sembilan.

Partai Demokrat berupaya mendekati partai Hanura yang meraih satu kursi di DPRD. ”Komunikasi politik dengan ketua Hanura Blora sudah kami lakukan, tinggal tindak lanjut saja,” ujar Ketua Partai Demokrat, Bambang Susilo, baru-baru ini.

Pendekatan yang dilakukan itu bukan tanpa alasan. Selain hanya membutuhkan satu kursi lagi, Partai Demokrat menyadari partai lainnya yang memperoleh kursi di DPRD telah mempunyai kecenderungan mengusung ataupun mendukung bakal calon tertentu.
Oleh karena itu, pendekatan kepada Hanura menjadi hal yang sangat mungkin dilakukan meski platfom kedua partai di tingkat pusat cenderung tidak sejalan.

Partai Demokrat dipimpin Soesilo Bambang Yudhoyono, sedangkan Hanura diketuai Wiranto. ”Kami rasa pusat akan memahami kondisi di daerah,” kata Bambang Susilo yang juga ketua DPRD Blora.

Ketua Partai Hanura Blora, Legyono menyatakan, pendekatan yang dilakukan Demokrat kepada Hanura adalah hal yang biasa. Menurutnya, Hanura selama ini juga menjalin komunikasi dengan parpol lainnya. ”Namun untuk pilkada, kami belum mendapatkan instruksi lebih lanjut terkait kebijakan partai di tingkat pusat,” katanya.

Hanya saja dia mengungkapkan, dalam konsolidasi partai Hanura di Solo beberapa waktu lalu, Ketua Umum Hanura Wiranto menghendaki agar Hanura solid dalam Koalisi Indonesia Hebat (KIH). 

”Kalau berbicara KIH, leading sektornya adalah PDIP. Tapi untuk saat ini kan PDIP Blora belum jelas mengusung siapa. Apa yang menjadi kebijakan partai Hanura terkait pilkada kemungkinan baru akan dipaparkan dalam pertemuan dalam waktu dekat ini di tingkat Jateng. Jadi, untuk saat ini belum ada instruksi apapun yang kami terima. Apalagi setahu kami, semua calon dalam pilkada nanti harus mendapatkan rekomendasi dari DPP,” katanya. (Abdul Muiz-SMNetwork | Jo-infoblora)
Share this article :

0 komentar:

 
Powered by : Mas Kolis
Info Iklan
Copyright © 2016. infoblora.com - All Rights Reserved