Blora on News :
Home » , » Dindikpora Blora Tetapkan 4 Desa Jadi Pilot Project Pemberantasan Buta Aksara

Dindikpora Blora Tetapkan 4 Desa Jadi Pilot Project Pemberantasan Buta Aksara

infoblora.com on Apr 9, 2015 | 6:00 AM

Dindikpora Blora tetapkan 4 desa sebagai pilot project pemberantasan buta aksara (PBA) dengan menggandeng Babinsa TNI untuk turut serta dalam kegiatan tersebut.
BLORA. Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dindikpora) memilih empat desa di empat kecamatan untuk dijadikan lokasi pilot project penuntasan buta aksara (PBA) pada 2015.

Hal itu dilakukan sebagai langkah menekan angka buta aksara yang saat ini masih sekitar 14 persen warga yang belum melek huruf. Nantinya, desa tersebut akan mendapatkan dana dari APBD Provinsi melalui kelompok belajar.

Sedangkan untuk desa-desa lainnya juga akan dilakukan. Bahkan Bidang Pendidikan Formal Non Informal (PNFI) sebelumnya telah melakukan validasi terhadap data jumlah warga yang belum melek aksara, sehingga bisa didapatkan data tepat.

Kepala Dindikpora melalui Kepala Bidang PNFI Dindikpora, Widodo menjelaskan ada empat desa yang disiapkan sebagai pilot projekt itu tahun ini, yaitu di Desa Botoreco Kecamatan Kunduran, Desa Pilang, Kecamatan Randublatung, Desa Sidomulyo, Kecamatan Banjarejo dan Desa Pengkolrejo, Kecamatan Japah. 

Dia menegaskan, untuk penuntasan buta aksara dibutuhkan kerja sama dari semua pihak bukan. Karena bukan tugas dari Dindikpora semata.

“Pemberantasan buta aksara ini tanggung jawab pemerintah sehingga perlu komitmen bersama antara semua pihak, untuk mensukseskan Blora bebas buta aksara,” ujarnya.

Menurut dia, dalam penuntasan tersebut nantinya juga akan dilakukan validasi data terhadap warga yang masih buta aksara. Data yang ada benar-benar valid dan antar instansi sama. Untuk saat ini, masih mengacu data dari Badan Pusat Statistik (BPS). 

Selain itu, TNI melalui Babinsa ikut terlibat dalam rangka penuntasan aksara tersebut, sehingga mendorong dan memberikan motivasi. Sekaligus bisa berkoordinasi dengan Pusat Kegiatan Belajar Mengajar (PKBM) “Kami senang TNI memberikan dukungan dan bisa bekerja sama dengan desa,” jelasnya. (gie-SMNetwork | Jo-infoblora)
Share this article :

0 komentar:

 
Powered by : Mas Kolis
Info Iklan
Copyright © 2016. infoblora.com - All Rights Reserved