Blora on News :
Home » , » Desa Kemiri Kecamatan Jepon Berhasil Kembangkan Budidaya Jeruk Pamelo

Desa Kemiri Kecamatan Jepon Berhasil Kembangkan Budidaya Jeruk Pamelo

infoblora.com on Apr 16, 2015 | 8:00 AM

Petani memanen komiditas jeruk pamelo yang kini sedang dikembangkan di Desa Kemiri Kecamatan Jepon. (dok-infoblora)
BLORA. Tanaman buah-buahan kini terus dikembangkan di sejumlah desa di Blora, salah satunya jeruk pamelo. Jeruk berukuran besar itu kini berhasil dikembangkan oleh masyarakat Desa Kemiri, Kecamatan Jepon.

Jeruk tersebut memiliki nilai jual yang cukup tinggi dan menguntungkan, sehingga cocok dibudidayakan oleh masyarakat. Selain jeruk Pamelo, Desa Kemiri saat ini juga sudah banyak di tanam buah lainnya seperti kelengkeng, buah naga bahkan juga sebagai salah satu sentra bawang merah.

Kepala Dinas Pertanian, Perkebunan, Peternakan dan Perikanan (Dintanbunakikan), Reni Miharti mengatakan, tidak hanya buah jeruk yang ditanami di wilayah ini, tetapi jenis buah lainnya seperti kelengkeng dan buah naga. Bahkan untuk komoditas tanaman bawang merah dikenal masyarakat kualitasnya lebih baik dibandingkan daerah lain.

‘’Kecamatan Jepon khususnya Desa Kemiri, memang layak untuk dikembangkan budi daya tanaman buah-buahan,’’ujarnya. 

Menurut dia, saat ini di sejumlah desa juga banyak yang mulai mengembangkan tanaman holtikultura lainnya, seperti pepaya, kelengkeng, jeruk, rambutan serta durian.

‘’Potensi akan komoditas holtikultura memang terus di kenalkan kepada masyarakat,’’ jelasnya. 

Bupati Djoko Nugroho mendorong masyarakat agar semakin bergairah dalam membudidayakan tanaman pangan dan buah-buahan agar bisa menjadi nilai tambah bagi petani.


‘’Kebun dan pekarangan rumah jangan dibiarkan kosong, buah-buahan cocok dan hasilnya juga bisa bisa dirasakan langsung,’’ katanya saat di Desa Kemiri dalam rangka panen raya padi dan buah-buahan, kemarin. (gie-SMNetwork | Jo-infoblora)
Share this article :

0 komentar:

 
Powered by : Mas Kolis
Info Iklan
Copyright © 2016. infoblora.com - All Rights Reserved