Blora on News :
Home » , » Desa Gabusan Kec.Jati Blora Salah Satu Pionir Pertanian Modern di Indonesia

Desa Gabusan Kec.Jati Blora Salah Satu Pionir Pertanian Modern di Indonesia

infoblora.com on Apr 29, 2015 | 1:00 AM

Seorang petani di Desa Gabusan Kecamatan Jati Kab.Blora sedang menanam padi pasca panen dengan alat tanam modern.
BLORA. Amerika mungkin memiliki alat pertanian yang terbilang modern, sehingga petaninya lebih efektif ketika melakukan kegiatan bercocok tanam. Tapi, Indonesia kita tercinta ini, juga tak mau kalah dengan negara berjuluk Negeri Paman Sam tersebut. Sebab, di desa Gabusan, Kecamatan Jati Kab.Blora-Jawa Tengah sudah diterapkan metode pertanian modern.  

Menariknya, desa tersebut menjadi salah satu percontohan bentuk pertanian modern di Indonesia. Bahkan bisa dibilang, desa tersebut merupakan pionir metode pertanian modern di Blora. Hebatnya lagi, tahun ini desa dengan predikat pertanian modern tersebut, sudah bisa melakukan panen raya.

Pertanian modern dengan luas lahan sekira 100 Ha di desa Gabusan dikelola oleh Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Sido Rukun, yang terdiri dari enam kelompok tani. Enam kelompok tani tersebut adalah Kelompok Tani Abadi, Agung Barokah, Sido Makmur, Sri Rejeki, Ngudi Mulyo, dan Rukun Makmur.

Program percontohan pertanian modern yang digelontorkan ini diharapkan bisa mempercepat pencapaian swasembada pangan, terutama di sektor beras. Adapun besaran dana yang diberikan langsung kepada Gapoktan Sido Rukun mencapai Rp 1,2 miliar. 

Dingkapkan Kepala Dinas Pertanian Perkebunan Peternakan Perikanan, kabupaten Blora Reni Miharti, dana tersebut digunakan untuk pengadaan alat mesin pertanian (alsintan). Diantaranya dua unit traktor roda empat type EF 393 T, tiga unit mesin permanen (Combine Harvester H 140), tiga unit mesin tanam (Rice Transplanter).
Kemudian, dana tersebut juga dipakai untuk pengadaan benih, pupuk, pestisida, dan fasilitas lain berupa unit pengolahan pupuk organik (UPPO), ditambah ternak sapi sebanyak 20 ekor beserta kandangnya. 

Sementara, untuk menghasilkan hasil produksi yang melimpah, ada 3 jenis varietas padi yang ditanam. Yakni varietas Ciherang, Situ Bagendit, dan padi hibrida Pioner. (rs-infoblora | jitunews)
Share this article :

0 komentar:

 
Powered by : Mas Kolis
Info Iklan
Copyright © 2016. infoblora.com - All Rights Reserved