Blora on News :
Home » , » Berada di Kawasan Migas, Desa Sumber Dapat ADD Rp 750 Juta Terbanyak se Kab.Blora

Berada di Kawasan Migas, Desa Sumber Dapat ADD Rp 750 Juta Terbanyak se Kab.Blora

infoblora.com on Apr 16, 2015 | 5:53 AM

Desa Sumber Kecamatan Kradenan yang berada di kawasan ring satu Central Processing Plant (CPP) Proyek Pengembangan Gas Jawa (PPGJ) mendapatkan ADD terbanyak tahun 2015 ini.
BLORA. Desa Sumber, Kecamatan Kradenan, Blora, memperoleh alokasi dana desa (ADD) terbesar tahun 2015 ini. Pasalnya Desa Sumber berada di kawasan ring satu pertambangan minyak dan gas (migas) Proyek Pengembangan Gas Jawa (PPGJ) Pertamina.

ADD merupakan dana perimbangan yang dialokasikan Pemkab Blora setiap tahun dalam APBD. ”Desa Sumber tahun ini memperoleh ADD sebesar Rp 750 juta. Jumlah tersebut merupakan terbesar di antara ADD untuk desa lainnya di Blora,” ujar Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat Perempuan Keluarga Berencana (BPMPKB) Winarno melalui Kepala Bidang Pemberdayaan Desa dan Kelurahan, Tumei Suharno,  kemarin.

Adapun desa yang mendapat ADD terendah adalah Desa Ngadipurwo, Kecamatan Blora sebesar Rp 245 juta. ”Nominal ADD untuk setiap desa jumlahnya bervariasi,” kata Tumei Suharno.

Dia  berharap agar pencairan tahap pertama ADD bisa dilakukan bulan April ini. Hanya saja dia mengungkapkan, hingga kini belum ada satupun desa di Blora yang menyerahkan APBDes sebagai salah satu persyaratan pencairan ADD.

“Tapi kami sudah lakukan pendampingan ke desa-desa. Mudah-mudahan penyusunan APBDes itu bisa diselesaikan bulan ini,” ungkapnya.

Pencairan tahap pertama ADD itupun harus mengacu persyaratan ketentuan yang berlaku. Di antaranya pemerintah desa menyerahkan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes), Rencana Kerja Pembangunan Desa (RKPDes) serta Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJMDes).

ADD digunakan untuk pembangunan desa, baik infrastruktur, pendidikan, sosial budaya, serta pengembangan ekonomi masyarakat desa. Dengan demikian desa-desa akan bisa lebih maju, tentunya sesuai dengan APBDes yang telah disusun. (Abdul Muiz –SMNetwork | Jo-infoblora)
Share this article :

0 komentar:

 
Powered by : Mas Kolis
Info Iklan
Copyright © 2016. infoblora.com - All Rights Reserved