Blora on News :
Home » , , » Wakili Blora, Tim SMAN 1 Cepu Raih Juara Umum Lomba TUB BB Tingkat Bakorwil I Jateng

Wakili Blora, Tim SMAN 1 Cepu Raih Juara Umum Lomba TUB BB Tingkat Bakorwil I Jateng

infoblora.com on Mar 18, 2015 | 4:00 AM

Tim Pasbarsa SMAN 1 Cepu berhasil menjadi Juara Umum Lomba TUB-BB se Bakorwil I Jateng mewakili Kabupaten Blora. (foto: dok-@sman1cepu)
BLORA. Lagi, salah satu sekolah di Kabupaten Blora berhasil menorehkan prestasi membanggakan. Sebagai wakil Kabupaten Blora, tim pasukan pengibar bendera SMA Negeri 1 Cepu (Pasbarsa) telah meraih nilai tertinggi dalam lomba Tata Upacara Bendera dan Baris-berbaris (TUB BB) tahun 2015 tingkat Bakorwil 1 Jateng yang meliputi 5 kabupaten wilayah eks Karesidenan Pati.

Lomba yang dilaksanakan di Blora pada Selasa (17/3) kemarin diikuti 5 tim, yakni perwakilan Kabupaten Blora selaku tuan rumah, Kabupaten Pati, Kabupaten Rembang, Kabupaten Kudus dan Kabupaten Jepara. Untuk lomba Tata Upacara Bendera digelar di GOR Mustika, sedangkan lomba Baris-berbaris digelar di kawasan Blok T Blora.

Berdasarkan hasil rekap nilai yang dikeluarkan oleh dewan juri yang beranggotakan anggota TNI dari wilayah eks Karesidenan Semarang, tim wakil Kabupaten Blora dari SMAN 1 Cepu meraih nilai 42.832 dan ditetapkan sebagai juara 1. Sedangkan tim Kabupaten Pati memperoleh nilai total 40.761 ditetapkan sebagai juara 2, tim Kabupaten Rembang memperoleh nilai total 39.525 ditetapkan sebagai juara 3. Sementara itu juara 4 dan juara 5 berturut-turut diraih Kabupaten Jepara dengan nilai 39.153 dan Kabupaten Kudus dengan nilai 35.694.

Dari nilai tersebut, Pasbarsa mendapatkan 11 piala dari 14 kategori yang dilombakan. Diantaranya Pasbarsa berhasil menyabet kategori Pengatur Upacara terbaik, Pembawa Acara terbaik, Pembawa Teks Pancasila terbaik, Pengibar Bendera terbaik, Pembaca Teks UUD 1945 terbaik, Pembina Upacara terbaik, Pembaca Doa terbaik, Juara 1 TUB, Juara 1 BB, Juara 1 TUB-BB, dan Juara Umum TUB-BB. Ditambah uang pembinaan sebesar Rp. 3.000.000,00

Dengan demikian tim Pasbarsa SMAN 1 Cepu sebagai wakil Kabupaten Blora juga akan maju ke tingkat Provinsi Jawa Tengah mewakili eks Karesidenan Pati. Untuk lomba tingkat provinsi tersebut direncanakan digelar 21 April 2015 mendatang di Stadion Jatidiri Semarang.

Aksi tim Pasbarsa saat mengikuti lomba baris-berbaris di kawasan Blok T Kota Blora, kemarin. (foto: dok-infoblora)
Sementara itu, Kepala Badan Koordinasi Wilayah (Bakorwil) I Jawa Tengah, Suko Mardiono yang kemarin datang langsung menyaksikan lomba di Blora, mengakui bahwa yang ditampilkan semua tim peserta sudah bagus. Menurutnya, lomba yang digelar setiap tahun ini untuk menumbuhkan rasa patriotisme di kalangan generasi muda.

“Saya harap pada generasi muda ini bisa terbentuk karakternya dalam mencintai dan menghargai tanah airnya. Sehingga jiwa patriotisme dalam diri mereka sebagai generasi penerus bangsa semakin bagus. Jiwa patriotisme itu harus dikembangkan dan ditanam di kalangan pelajar melalui Upacara Bendera dan baris berbaris. Selamat kepada para peserta,” ucapnya.

Untuk diketahui, tim Pasbarsa SMAN 1 Cepu yang mewakili Kabupaten Blora sudah beberapa kali memenangi event serupa. Pada bulan Desember 2014 lalu, tim dari kecamatan ujung timur ini juga berhasil meraih juara dalam event lomba gerak jalan variasi dalam HUT Kabupaten Blora ke 265.

Tim Pasbarsa yang dipimpin Fa’is Setiawan (15) sebagai komandan peleton (danton) bersama anggotanya yang berjumlah 18 siswa tersebut sudah beberapa minggu digembleng latihan pagi-sore oleh anggota TNI dari Koramil Cepu yakni Broto Siswoyo, Parno dan Imam K.

Sedangkan Kepala SMA Negeri 1 Cepu Drs. Mulyani, M.Pd mengatakan bahwa dirinya ikut bangga terhadap prestasi yang telah diraih. “Saya merasa bangga atas perjuangan anak-anak yang sudah tampil maksimal dan totalitas. Latihan pagi sore setiap hari dengan gemblengan para pelatih sehingga  telah menunjukkan hasil yang maksimal dan memuaskan sehingga mampu membawa nama harum sekolah pada khususnya dan Kabupaten Blora pada umumnya,” ungkapnya.

“Tidak lupa saya ucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada anak-anak atas prestasi yang diraih, tidak lupa para pelatih dan pembina yang selalu setia mendampingi mereka. Harapan saya anak-anak bisa lebih tampil maksimal, latihan yang lebih sungguh-sungguh untuk menghadapi pada lomba TUB-BB di Tingkat Provinsi sehingga bisa memperoleh hasil yang maksimal”, harapnya.

Dihubungi terpisah, Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dindikpora) Blora Acmad Wardoyo mengatakan, sebagai wakil Kabupaten Blora maka sudah menjadi tanggung jawab pihak Dindikpora. “Latihan diserahkan sepenuhnya kepada sekolah, namun pihak dinas akan selalu memantau supaya persiapannya benar-benar matang,” katanya. (Tio-infoblora)
Share this article :

0 komentar:

 
Powered by : Mas Kolis
Info Iklan
Copyright © 2016. infoblora.com - All Rights Reserved