Blora on News :
Home » , , » Petani Merasa Terbantu Dengan Kincir Angin Penangkap Serangga Karya SMAN 1 Blora

Petani Merasa Terbantu Dengan Kincir Angin Penangkap Serangga Karya SMAN 1 Blora

infoblora.com on Mar 22, 2015 | 6:00 PM

Tim SMA Negeri 1 Blora sedang memeriksa kincir angin penangkap serangga yang dipasang di persawahan Gabus. (dok-infoblora)
BLORA. Fadhiela Noer Hafiezha dan Dinar Limarwati siswa SMA Negeri 1 Blora yang membuat kincir angin sumbu vertikal dan solar cell sebagai pembangkit listrik pada perangkap serangga terus mendapat pujian dari berbagai instansi. Selain dari instansi pujian juga datang dari para petani yang ada lahannya terpasang kincir angin tersebut sebagai kawasan uji coba.

Hal itu diungkapkan Sumarjo patani asal Desa Kamolan yang lahan pertaniannya digunakan uji coba alat kincir angin sumbu vertikal dan solar cell penangkap serangga. Dirinya mengaku sangat senang dengan adanya alat tersebut sebab dengan adanya alat tersebut hama yang ada disawahnya sudah mulai berkurang.

“Alhmdulillah mas, dengan adanya alat tersebut saya agak tenang sebab alat tersebut mampu menangkap serangga jenis apa saja yang mengganggu pertumbuhan padi,” jelasnya.

Ia juga menambahkan, selama ada alat tersebut dirinya jarang menyemprot padinya. Setiap harinya tinggal melihat serangga yang ditanggkap oleh alat yang di buat siswi SMA Negeri 1 Blora itu.

“Sekarang sedikit irit mas, dengan adanya alat itu saya hanya melihat hasil serangga yang di tangkap saja. Tidak perlu melakukan penyemprotan. Kemarin pas saya lihat ada 3 jenis serangga yang tertangkap dan serangga itu berjumlah banyak, diantaranya hama wereng, hama belalang, dan hama jenis rengit,” tambahnya.

Pujian serupa juga keluar dari petani lain Turmudi yang lahannya masih dalam area percobaan, dirinya mengaku sangat terbantu dengan adanya alat tersebut, hama serangga yang ada di area persawahanya mulai berkurang. “Saya lihat hama serangga seperti serangga penggerek padi sudah mulai berkurang, semoga dengan adanya alat ini hasil panen bisa meningkat,” harapnya.

Oleh karena itu dirinya berharap pihak terkait bisa memperbanyak alat tersebut untuk menangkap serangga sehingga petani hasilnya bisa meningkat. “Kalo bisa alat ini di perbanyak pastinya para petani juga akan merasa senang dan hasil panenpun pastinya akan bertambah,” katanya.

Menanggapi hal tersebut Guru Pembina Sri Susilaningsih mengatakan, alat kincir angin tersebut cocok untuk mengusir serangga yang berada di area persawahan. Mengingat Blora khususnya sebagian besar warganya adalah melakukan pertanian. Namun ini baru tahap uji coba sehingga masih ada hal-hal yang perlu dikoreksi dan untuk menambah pastinya juga perlu biaya yang banyak lagi.

’’Memang kincir angin sumbu vertikal dan solar cell tersebut cocok untuk kondisi wilayah di Blora yang sebagian besar wilayahnya merupakan lahan pertanian, namun ini baru tahap uji coba masih ada yang perlu diteliti kembali,” jelasnya.

Sehingga pihakya berharap dengan adanya uji coba alat ini bisa membantu meningkatkan hasil panen bagi para petani dan bisa meringankan para petani untuk mengusir hama serangga yang selalu ada saat musim tanam sampai musim panen seperti ini.

“Semoga alat ini bisa bermanfaat bagi para petani, sehingga bisa meningkatkan hasil panen mereka, dan mudah-mudahan temuan alat ini bisa berguna bagi dinas pertanian juga,” harapnya.

Sementara itu Petugas Penyuluh Pertanian (PPL) Kecamatan Blora, Luhud mengatakan, alat itu setidaknya bisa membantu petani dalam menanggani hama tanaman pangan. Sudah banyak para petani yang mengatakan hama mulai berkurang, terutama mereka yang lahannya berada di area uji coba.

’’Mereka merasa sangat terbantu dengan adanya alat penangkap serangga ini. Kami bisa melakukan deteksi dini terhadap serangga, semoga alat ini benar-benar bisa bermanfaat bagi petani," pungkasnya (Priyo-Koma | Jo-infoblora)
Share this article :

0 komentar:

 
Powered by : Mas Kolis
Info Iklan
Copyright © 2016. infoblora.com - All Rights Reserved