Blora on News :
Home » , » Pentas Seni Blora di TMII Jakarta Jadi Ajang Silaturahmi Warga Perantauan

Pentas Seni Blora di TMII Jakarta Jadi Ajang Silaturahmi Warga Perantauan

infoblora.com on Mar 16, 2015 | 7:00 AM

Pentas Barongan Blora di TMII Jakarta kemarin, dihadiri ratusan warga Kabupaten Blora yang merantau di kawasan Jadebotabek dan sekitarnya.
BLORA. Pagelaran Pentas Seni Kabupaten Blora di Anjungan Jawa Tengah Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta pada Minggu (15/3) kemarin benar-benar menjadi hiburan spesial bagi warga asli Blora yang merantau di wilayah Jakarta dan sekitarnya. Meskipun acara dimulai pada pukul 10.00 WIB, namun ratusan warga perantau asal Blora telah datang lebih dahulu di lokasi.

Alif (30) salah satu perantau Blora asal Todanan yang kini menetap di Jakarta Selatan juga tak mau ketinggalan. “Saya berangkat sengaja lebih awal, dari rumah pukul 09.00 WIB bersama keluarga dan teman-teman untuk melepas kangen dengan kesenian Blora. Acara ini bagus untuk ajang silaturahmi sedulur Blora yang kangen dengan kesenian daerah,” ucapnya.

Warga perantau Blora penuhi anjungan Jawa Tengah di TMII Jakarta menyaksikan pentas seni budaya Blora, kemarin.
Sementara itu, Sekretaris Dinas Perhubungan Pariwisata Kebudayaan Komunikasi dan Informatika (DPPKKI) Blora Pratikto Nugroho saat memberikan sambutan mewakili Bupati, menyampaikan permintaan maaf karena Bupati Djoko Nugroho yang dijadwalkan datang secara pribadi tiba-tiba tidak bisa hadir karena ada acara sosialisasi pengeboran minyak Randugunting di Blora.

Dalam sambutannya, ia juga mengutarakan tujuan pelaksanaan pentas seni di TMII ini tidak hanya untuk promosi budaya tetapi juga untuk mempererat warga Blora di perantauan dengan kebudayaan daerah sendiri. “Pentas seni ini bukan hanya sebagai wahana promosi budaya dan potensi Kabupaten Blora saja, namun juga untuk mempererat ikatan persaudaraan para sedulur semua yang merantau di kawasan Jakarta dan sekitarnya. Terlebih hari ini (kemarin-red) ratusan warga Blora yang tergabung dalam Komunitas Perantau Blora (Kopra) hadir disini. Terimakasih atas dukungan dan sambutan yang meriah ini. Rasa lelah kami selama perjalanan dari Blora ke Jakarta kini hilang melihat antusias penonton yang luar biasa. Salam Kopra..!!,” kata Pratikto.

Ia pun mengakhiri sambutan dengan menyanyikan lagu berjudul “rumah kita” bersama-sama dengan para penonton yang hadir memenuhi Anjungan Jawa Tengah, kemarin.

Komunitas Perantau Blora hadir di TMII Jakarta untuk menyaksikan pertunjukan seni budaya kampung halamannya.
Dalam pentas seni yang merupakan agenda tahunan di TMII Jakarta tersebut, kemarin DPPKKI sengaja menampilkan berbagai potensi seni budaya dan kerajinan yang ada di Kabupaten Blora. Seperti seni barongan, seni tayub, campursari, kerajinan batik Blora, kaos Samin, kerajinan jati, jajanan, keramik Balong, serta pernak pernik barongan.

Secara bergantian, para perantau ini tampil di panggung bersama seniman seniwati Blora dengan menyanyi dan berjoged. Para penonton tidak hanya antusias menikmati suguhan pentas seni, tetapi juga memborong aneka produk kerajinan yang dipamerkan. Bahkan kaos Samin yang kini menjadi ciri khas kaos oblongnya orang Blora habis terjual, begitu juga produk lainnya. Acara berlangsung hingga pukul 14.00 WIB dengan sukses dan semua penonton terpuaskan dengan suguhan seni budaya Blora.

Turut hadir dalam pentas seni tersebut, artis keroncong nasional asli Kunduran Blora Indra Utami Tamsir, Wakil Ketua Ketua DPRD Blora Abdullah Aminudin, Perwakilan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jawa Tengah, Ketua Kopra, dan beberapa tokoh Blora yang ada di Jakarta seperti Rubiyanto, Supardi, dll. (Tio-infoblora)
Share this article :

0 komentar:

 
Powered by : Mas Kolis
Info Iklan
Copyright © 2016. infoblora.com - All Rights Reserved