Blora on News :
Home » , » Penilaian Adipura Tahap Pertama, Blora Masih Dibawah Standar

Penilaian Adipura Tahap Pertama, Blora Masih Dibawah Standar

infoblora.com on Mar 26, 2015 | 2:00 AM

Sistem pengolahan sampah yang masih belum maksimal di Blora menjadikan penilaian Adipura tahun ini masih dibawah standar. Sehingga perlu dilakukan upaya pembenahan.
BLORA. Sejumlah perbaikan harus dilakukan jika menghendaki tahun ini Blora mendapatkan penghargaan kota terbersih dalam program Adipura. Salah satu yang perlu segera dibenahi adalah terkait pengelolaan sampah di tempat pembuangan akhir (TPA), bank sampah dan sampah di kawasan pertokoan.

‘’Yang kurang TPA, bank sampah dan pertokoan karena poinnya paling tinggi. Diharapkan ada peningkatan nilai dari situ,’’ujar Kepala Badan Lingkungan Hidup (BLH), Wahyu Agustini, kemarin.

Dia mengungkapkan, dalam penilaian tahap pertama program Adipura, Blora mendapatkan nilai 73,97. Nilai tersebut hanya kurang 0,3 dari standar nilai daerah peraih penghargaan Adipura yakni 74,00. ‘’Masih ada kesempatan melakukan perbaikan di sejumlah titik pantau yang memperoleh nilai rendah,’’ katanya.

Menurutnya, penilaian dalam pemantauan tahap kedua masih akan dilakukan pada akhir April hingga Mei. ‘’Kami mohon dukungannya kepada semua pihak,’’ tandasnya.

Hanya saja berdasarkan pengalaman di tahun-tahun sebelumnya, nilai standar daerah peraih Adipura biasanya mengalami perubahan atau berubah menjadi lebih tinggi. Contohnya pada 2014, ketika itu di penilaian tahap pertama, Blora mengantongi nilai 73,02 atau hanya terpaut 0,8 dari standar nilai kota peraih Adipura 74 poin.

Namun pada penilaian tahap kedua justru standar nilai itu dinaikan menjadi 75 oleh Pemerintah Pusat. Meski telah dilakukan beberapa pembenahan di sejumlah lokasi titik pantau Adipura, namun akumulasi nilai yang diperoleh Blora tidak memenuhi standar kota peraih Adipura 2014. (Abdul Muiz-SMNetwork | Jo-infoblora)
Share this article :

0 komentar:

 
Powered by : Mas Kolis
Info Iklan
Copyright © 2016. infoblora.com - All Rights Reserved