Blora on News :
Home » , » Pengeboran Minyak Wonopotro I Disosialisasikan Kepada Warga Desa Plantungan

Pengeboran Minyak Wonopotro I Disosialisasikan Kepada Warga Desa Plantungan

infoblora.com on Mar 14, 2015 | 12:30 AM

Rencana pengeboran minyak Wonopotro I di Desa Plantungan Kecamatan Blora mulai disosialisasikan. (ilustrasi)
BLORA. Rencana pengeboran sumur eksplorasi Wonopotro-1 oleh Pertamina Hulu Energi (PHE) Randugunting disosialisasikan kepada warga Desa Plantungan dan sekitarnya, kemarin.

Sosialisasi yang berlangsung di Plantungan itu dihadiri Bupati Djoko Nugroho didampingi sejumlah pejabat Pemkab serta General Maneger PHE Randugunting Abdul Muthalib Masdar dan jajaran manajemen PHE Randugunting lainnya. 

Di hadapan warga, Djoko Nugroho maupun Abdul Muthalib Masdar mengharapkan doa restu agar pengeboran kali ini mendapatkan sumber minyak dalam jumlah besar. Pasalnya, dari tiga kali pengeboran yang sebelumnya dilakukan PHE Randugunting di tiga tempat di Blora, semuanya tidak mendapatkan hasil minyak. ’’Selain dukungan penuh, kami mengharapkan doa restu seluruh masyarakat Blora,’’ ujar Abdul Muthalib Masdar.

Bupati Djoko Nugroho menegaskan, Pemkab dan seluruh masyarakat Blora memberikan dukungan penuh rencana pengeboran sumur Wonopotro-1. Selain pencarian sumber minyak itu merupakan program nasional, masyarakat Blora juga akan mendapatkan manfaat jika pengeboran kali ini membuahkan hasil. ’’Kami minta warga desa dilibatkan dalam kegiatan pengeboran ini sesuai dengan keahlian yang mereka miliki,’’ tandas Bupati Djoko Nugroho.

Peninggalan Belanda Pada kesempatan itu, PHE Randugunting memberikan CSR berupa uang dan perangkat alat sholat bagi masjid di Desa Plantungan. Kedepan, CSR juga akan diberikan dalam bentuk lampu penerangan di ruas-ruas jalan di Desa Plantungan sebagai bentuk kepedulian sosial dari PHE Randugunting.

PHE Randugunting sebelumnya telah tiga kali melakukan pengeboran sumur eksplorasi di wilayah Blora. Namun ketigatiganya tidak mendapatkan sumber minyak. Sumur yang dibor dinyatakan dry hole dengan indikasi hidrokarbon. Ketiga pengeboran itu dilakukan di sumur Diponegoro (DPG)-1 di Desa Krocok Kecamatan Japah di tahun 2010, di sumur Cempaka (CPE)-1 Desa Tinapan Kecamatan Todanan tahun 2011 dan pengeboran ketiga di sumur Kenangarejo (KGR) 1 di Desa Sambongrejo, Kecamatan Tunjungan 2013. Ketiga wilayah itu selama ini dikenal sebagai daerah baru pengeboran minyak. Berbeda dengan ketiga wilayah tersebut, pengeboran keempat kali ini dilakukan di Desa Plantungan yang pernah mencantumkan namanya sebagai wilayah penghasil minyak.

Di Desa Plantungan terdapat beberapa sumur minyak tua peninggalan Belanda. ’’Berdasarkan hal itulah Pemkab mengharapkan PHE Randugunting bisa menemukan cadangan minyak cukup besar dalam pengeboran eksplorasinya di Plantungan,’’ujar Kepala Dinas Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Setyo Edy. (Abdul Muiz-SMNetwork | Jo-infoblora)
Share this article :

0 komentar:

 
Powered by : Mas Kolis
Info Iklan
Copyright © 2016. infoblora.com - All Rights Reserved