Blora on News :
Home » , » Pekan Ini DPRD Blora Belajar Strategi Pengawasan APBD di Solo

Pekan Ini DPRD Blora Belajar Strategi Pengawasan APBD di Solo

infoblora.com on Mar 18, 2015 | 12:00 AM

Bambang Susilo, Ketua DPRD Blora.
BLORA. DPRD Blora berupaya meningkatkan kinerjanya. Lembaga legislatif itupun berusaha membekali para anggotanya dengan kemampuan di bidang pengawasan pelaksanaan APBD. Maklum saja, sebagian besar anggota DPRD periode 2014- 2019 adalah anggota baru dari hasil Pemilihan Umum Legislatif (Pileg) 2014.

Mereka dilantik menjadi anggota Dewan, 27 Agustus 2014. Bimbingan teknis atau workshop Pendalaman Tugas ”Strategi Pengawasan Terhadap pelaksanaan APBD, Penerapan APBD Sesuai dengan Tujuan dan Fungsi Pembangunan Tahun 2015” itu berlangsung pekan ini di Solo dengan melibatkan sejumlah pihak yang berkompeten.

Beberapa materi yang disampaikan dalam acara Bimbingan Teknis tersebut antara lain Optimalisasi Peran Strategis DPRD dalam Pengawasan Pelaksanaan APBD dan Tranparansi Keuangan daerah, Penerapan APBD sesuai dengan Tujuan dan Fungsi Pembangunan Tahun 2015, Undang-undang Nomor 23 Tahun 2014 dan kaitannya dengan tugas, fungsi dan kedudukan anggota DPRD serta sejumlah materi lain.

”Workshop tentang pelaksanaan UU 23 tahun 2014,” ujar Ketua DPRD, Bambang Susilo, kemarin. Siswanto, salah seorang anggota DPRD Blora mengatakan, fungsi pengawasan menjadi salah satu fokus perhatian selain fungsi lainnya seperti penganggaran dan fungsi pembuatan peraturan daerah (legislasi).

Menurutnya, berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku, DPRD tidak mempunyai kewenangan dalam menerima ataupun menolak laporan pertanggungjawaban kepala daerah. ”Sehingga kita fokus bimbingan strategi pengawasan pelaksanaan APBD yang sekarang sedang berjalan,” tandasnya. (Abdul Muiz-SMNetwork | Jo-infoblora)
Share this article :

0 komentar:

 
Powered by : Mas Kolis
Info Iklan
Copyright © 2016. infoblora.com - All Rights Reserved