Blora on News :
Home » , » Minggu Besok, Duta Kesenian dan Kerajinan Blora Tampil di TMII Jakarta

Minggu Besok, Duta Kesenian dan Kerajinan Blora Tampil di TMII Jakarta

infoblora.com on Mar 14, 2015 | 2:00 AM

Gelar seni budaya Kabupaten Blora di Taman Mini Indonesia Indah, beberapa waktu lalu. Besok dijadwalkan duta seni Kabupaten Blora juga akan pentas kembali di TMII.
BLORA. Upaya untuk terus mengenalkan potensi Kabupaten Blora terus dilakukan Dinas Perhubungan Pariwisata Kebudayaan Komunikasi dan Informatika (DPPKKI) Blora, salah satunya dengan menggelar pentas seni budaya. Dalam waktu dekat ini, tepatnya Minggu (15/3) besok tim duta kesenian dan kerajinan Kabupaten Blora akan pentas di Anjungan Jawa Tengah yang berada di komplek Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta.

Kepala DPPKKI Blora, Slamet Pamudji melalui Kepala Bidang Kebudayaan Suntoyo, mengemukakan bahwa pihaknya telah mempersiapkan beberapa kelompok seni budaya yang akan tampil di TMII. “Sejak Selasa (10/3) lalu kita sudah gelar latihan gladi di pendopo DPPKKI. Kami akan menampilkan berbagai kesenian Blora dan aneka kerajinan produk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) hasil binaan Dinas Perindustrian Perdagangan dan Koperasi (Diserindagkop) Blora,” jelasnya, Jumat kemarin.

“Rencananya acara akan dimulai pukul 10.00 WIB di Anjungan Jateng TMII Jakarta dengan menampilkan seni barongan, tari beksan tayub, dan campursari. Sedangkan untuk kerajinannya ada kerajinan gembol jati, batik Blora, kaos Samin, cemilan kripik tempe, eggroll waluh, dan lainnya,” tambah Suntoyo.

Berdasarkan data yang diperoleh, seni barongan yang akan ditampilkan adalah paguyuban seni barong dari Tambun Bekasi milik warga Blora yang merantau di wilayah Jadebotabek. Mereka yang tergabung dalam Komunitas Perantau Blora (Kopra) juga ikut nguri-uri seni barong di tanah rantau.

“Sengaja kami pilih seni barong milik warga perantauan agar bisa berkolaborasi, sekalian mempromosikan bahwa barongan Blora juga dikembangkan oleh warga Blora di perantauan. Sedangkan tayub dan campursari yang akan ditampilkan berasal dari Blora. Yakni Sanggar Campursari Cafe’in Tempuran yang akan menghibur bersama beberapa penari tayub,” imbuhnya.

Rombongan berangkat ke Jakarta pada hari Jumat (13/3) kemarin dengan menggunakan bus. Diperkirakan Sabtu pagi sampai TMII Jakarta untuk melakukan persiapan panggung sebelum pada hari Minggunya pentas.

Sementara itu, Bayu Ketua Klaster Batik Luhur Blora membenarkan bahwa dirinya diminta Disperindagkop untuk berangkat bersama rombongan kesenian ke TMII Jakarta. “Kami akan menampilkan demo pembuatan batik Blora dan memamerkan produk-produk unggulan batik khas Blora bersama beberapa anggota kluster,” kata Bayu, kemarin.

“Tidak hanya batik, tetapi kerajinan  produk unggulan Blora lainnya juga berangkat. Tujuan kita untuk mengenalkan potensi Kabupaten Blora agar lebih dikenal luas terlebih acara digelar di Ibukota,” pungkasnya. (Teg-Koma | Jo-infoblora) 
Share this article :

0 komentar:

 
Powered by : Mas Kolis
Info Iklan
Copyright © 2016. infoblora.com - All Rights Reserved