Blora on News :
Home » , , » Mahasiswa USM dan Duta Wisata Jateng Belajar Kepemimpinan di Kampung Samin Klopoduwur

Mahasiswa USM dan Duta Wisata Jateng Belajar Kepemimpinan di Kampung Samin Klopoduwur

infoblora.com on Mar 1, 2015 | 1:30 AM

Rombongan Mahasiswa USM Semarang dan Duta Wisata Jawa Tengah foto bersama Mbah Lasiyo sesepuh Kampung Samin Karangpace Desa Klopoduwur Blora, dalam sela-sela kunjungannya.
BLORA. Belajar kepemimpinan tidak hanya bisa diperoleh di bangku sekolah ataupun perguruan tinggi, namun juga bisa didapatkan melalui keteladanan tokoh atau komunitas adat yang memegang teguh ajaran leluhurnya. Seperti halnya sedulur sikep (pengikut dan penerus ajaran Samin) yang tinggal di Kampung Samin Dukuh Karangpace Desa Klopoduwur Kecamatan Banjarejo Kabupaten Blora.

Sabtu siang (28/2) sekitar pukul 13.30 WIB rombongan mahasiswa dari Universitas Semarang (USM) dan Duta Wisata Jawa Tengah sengaja mengunjungi kampung samin yang berjarak sekitar 7 kilometer di selatan Kota Blora ini untuk meneladani sifat-sifat kepemimpinan dan kesederhanaan sedulur sikep.

Dengan diantar petugas Tourism Informatian Center (TIC) Blora dan Kasi Program dan Promosi Pariwisata pada Dinas Perhubungan Pariwisata Kebudayaan Komunikasi dan Informatika (DPPKKI) Blora Drs.Sarjono, rombongan disambut langsung oleh sesepuh sikep Mbah Lasiyo di Pendopo Sedulur Sikep Samin setempat.

“Selamat datang di Kampung Samin Dukuh Karangpace Desa Klopoduwur Blora. Inilah salah satu kampung samin yang dihuni sedulur sikep. Sedulur yang terus mempertahankan filosofi ajaran Samin dalam kehidupan sehari-hari, sederhana dan apa adanya,” kata Drs.Sarjono.

Sementara itu Alik Sugeng, salah satu mahasiswa USM Semarang yang juga Duta Wisata Blora 2014 ini mengungkapkan tujuan kedatangannya bersama teman-teman ke Kampung Samin adalah untuk belajar kepemimpinan. “Kami di bangku kuliah tidak ada mata kuliah pembelajaran tentang bagaimana menjadi sosok calon pemimpin yang baik. Bagaimana menjadi seseorang yang berbudi pekerti baik. Sehingga harapannya dengan belajar disini, nantinya selain ahli dalam iptek juga bisa menjadi para calon pemimpin yang jujur, sederhana dan apa adanya seperti halnya sedulur sikep yang selama ini dikenal arif dan bijak,” ungkapnya.

Begitu juga dengan Mas Duta Wisata Jawa Tengah, Purwo Nur Hidayat. Mahasiswa UGM Fakultas MIPA yang sedang menyelesaikan skripsinya ini mengungkapkan ketertarikannya terhadap kehidupan sedulur sikep samin di Blora.

“Sedulur sikep samin dikenal sebagai komunitas tradisional yang masih hidup sederhana, jauh dari melek teknologi namun tetap harmonis. Menyatu dengan alam serta menjunjung tinggi nilai-nilai kejujuran yang saat ini sangat penting dibutuhkan negara ini,” kata Purwo.

Mbah Lasiyo, dalam pemaparannya menjelaskan bahwa untuk menjadi peminpin tidak perlu muluk-muluk. Seperti halnya Samin yang berasal dari kata sami yang artinya sama. Semua manusia dilahirkan sama di mata Tuhan Sang Pencipta. “Kita semua ini pada dasarnya sama, tidak boleh saling merendahkan, apalagi merasa kedudukan kita lebih tinggi daripada lainnya. Walau sedang jadi pimpinan, jangan perlakukan orang yang dipimpin sebagai bawahan. Namun perlakukan sebagai sedulur (saudara sendiri),” paparnya.

“Pakaian sedulur sikep samin yang serba hitam juga mengandung makna bahwa manusia itu kotor. Tidak ada manusia yang suci atau bersih dari kesalahan. Semua pasti punya kesalahan. Begitu juga saat menjadi seorang pemimpin, sebelum menyalahkan orang lain sebaiknya instropeksi diri sendiri terlebih dahulu. Memperbaiki kesalahan pada diri sendiri dahulu lebih utama daripada membicarakan kesalahan orang lain (istilahnya ngrasani),” tambahnya.

Setelah mendapat wejangan filosofi kepemimpinan, rombongan mahasiswa dan Duta Wisata dipersilahkan minum air kendi yang merupakan simbol kesederhanaan. “Disini tidak ada air minum mineral mas mbak. Semuanya masih alami dari air sumur yang direbus dan ditaruh kendi, gerabah tempat minum dari tanah liat. Meski tidak dari kulkas namun kesegarannya murni,” pungkas Sarjono. (rs-infoblora)
Share this article :

0 komentar:

 
Powered by : Mas Kolis
Info Iklan
Copyright © 2016. infoblora.com - All Rights Reserved