Blora on News :
Home » , , » KKP Blora : Lima Desa di Kecamatan Kradenan Dijadikan Desa Mandiri Pangan

KKP Blora : Lima Desa di Kecamatan Kradenan Dijadikan Desa Mandiri Pangan

infoblora.com on Mar 26, 2015 | 12:30 AM

Kepala Kantor Ketahanan Pangan (KKP) Kabupaten Blora, Mashudi mengungkapkan bahwa 5 desa di Kecamatan Kradenan dijadikan sasaran program Desa Mandiri Pangan.
BLORA. Kantor Ketahanan Pangan mencanangkan kawasan mandiri pangan di lima desa di daerah perbatasan Jateng-Jatim di Kecamatan Kradenan. Kelima desa tersebut yakni, Desa Megiri, Ngrawoh, Nginggil, Nglebak dan Desa Getas. Kepala Kantor Ketahanan Pangan Blora, Mashudi mengungkapkan, program tersebut difokuskan pada kawasan perbatasan provinsi dengan alokasi anggaran dari pusat.

’’Kelima desa tersebut berbatasan dengan Kabupaten Ngawi, Jawa Timur. Salah satu pertimbangannya, Ngawi itu kawasan kota. Agar tidak timpang sosial ekonomi masyarakat, maka desa-desa tersebut dijadikan kawasan mandiri pangan,’’ ujarnya, kemarin.

Sektor Pangan Sekadar diketahui, jarak desa-desa di Kecamatan Kradenan dengan ibu kota Ngawi cukup dekat, sekitar 5- 0 km. Sedangkan jarak ke ibu kota Blora mencapai lebih dari 40 km. Kawasan mandiri pangan dimaksudkan bisa mencapai hasil akhir untuk peningkatan kesejahteraan ekonomi keluarga masyarakat setempat dengan menerapkan upaya khusus di sektor pangan dari pertanian. 

Tahun lalu Desa Kamolan dan Kelurahan Sonorejo Kecamatan Blora telah ditunjuk menjadi desa replikasi program Desa Mandiri Pangan di Kabupaten Blora. Anggaran pelaksanaan program tersebut bersumber dari bantuan APBD Provinsi Jateng.

Melalui desa mandiri pangan diharapkan akan terwujud masyarakat berdikari yang berlandaskan pada azas gotong royong. Masyarakat akan dilatih memanfaatkan potensi pertanian dan peternakan untuk bisa mandiri. Selain kawasan mandiri pangan, Pemkab melalui Kantor Ketahanan Pangan pada tahun ini mencanangkan penanaman talas bentol (talas bogor) di lahan masyarakat. (gie-SMNetwork | jo-infoblora)
Share this article :

0 komentar:

 
Powered by : Mas Kolis
Info Iklan
Copyright © 2016. infoblora.com - All Rights Reserved