Blora on News :
Home » , , » Kincir Karya Siswa SMAN 1 Blora Wakili Jateng di 20 Besar Toyota Eco Youth 2015

Kincir Karya Siswa SMAN 1 Blora Wakili Jateng di 20 Besar Toyota Eco Youth 2015

infoblora.com on Mar 10, 2015 | 1:00 AM

Para siswa SMAN 1 Blora berfoto bersama di depan kincir angin penangkap serangga karyanya yang dipasang di areal persawahan Gabus Kelurahan Mlangsen Blora. (foto: @sma1blora)
BLORA. Kincir angin sumbu vertikal dan solar cell sebagai pembangkit listrik pada perangkap serangga karya dua siswa SMA 1 Blora Fadhiela Noer Hafiezha dan Dinar Limarwati masuk 20 besar ajang Toyota Eco Youth 2015. Prestasi ini menjadi satu-satu dari Jateng yang mampu menembus 20 besar dari sekitar 1.700 proposal yang masuk mengikuti ajang kegiatan tersebut.

Guru Pembina Sri Susilaningsih mengatakan, karya inovasi tersebut masuk dalam kategori science dan dalam pengumuman menjadi finalis nomor 1. ’’Sesudah melakukan workshop dan presentasi kami diberi Rp 15 juta untuk membuat alat,’’katanya.

Menurutnya, alat kincir angin tersebut saat ini sudah di uji coba di areal sawah di Gabus, Kelurahan Mlangsen dengan dua lampu penangkap serangga, kemudian ditambah lampu warna lampu berbeda. ’’Kincir angin tersebut cocok untuk kondisi angin di Blora yang kecepatan kecil,’’katanya.

Uji Coba
Dalam uji coba juga dilakukan bersama petani serta petugas penyuluh lapangan (PPL) sehingga akan tahu kondisi yang sebenarnya. Sementara itu, Fadhiela dan Dinar mengatakan, karya yang dihasilkan memanfaatkan tenaga angin dan cahaya matahari sebagai sumber energi untuk menyalakan lampu pada alat perangkap serangga. Dan hasil uji coba yang dilakukan pada 3 Maret lalu banyak serangga yang masuk dalam perangkap.

’’Hari Minggu diambil banyak serangga yang masuk dari dua lampu, serangga senang warna biru, sedangkan warna putih serangganya sedikit,’’ katanya.

Menurutnya, selain tenaga angin juga dilengkapi dengan solar cell sebagai pembangkit listrik, sehingga menghasilkan energi besar.

Petugas Penyuluh Pertanian (PPL) Keluarahan Mlangsen, Diana Oktaviani mengatakan, alat itu setidaknya bisa membantu petani dalam menangani hama tanaman pangan. ’’Dengan penangkap serangga ini kami bisa melakukan deteksi dini terhadap serangga,’’ ujarnya. (gie-SMNetwork | Jo-infoblora)
Share this article :

1 komentar:

Soffariati Ummi said...

Terus berkarya dan berjaya SMANSA blora
Ikut bangga sudah pernah dibesarkan olehnya

 
Powered by : Mas Kolis
Info Iklan
Copyright © 2016. infoblora.com - All Rights Reserved