Blora on News :
Home » , , » Kembangkan Sentra Kerajinan di Blora, Bappeda dan FPED Bentuk Klaster

Kembangkan Sentra Kerajinan di Blora, Bappeda dan FPED Bentuk Klaster

infoblora.com on Mar 25, 2015 | 3:00 AM

Para perajin Batik Blora yang kini tergabung dalam Klaster Batik Luhur pimpinan Pak Bayu. Tidak hanya batik, kerajinan lainnya di Blora juga dibentuk klaster agar pengembangannya bisa semakin baik. (Jo-infoblora)
BLORA. Sentra-sentra industri kecil yang ada di Blora hampir ada di semua kecamatan mulai skala rumahan hingga besar. Misalnya sentra industri genteng di Desa Balong, sentra industri Handycraf di Jepon, serta sentra industri lainnya. Seiring berjalannya waktu, beberapa sentra industri, ada yang tenggelam dan ada juga yang berkembang baik.

Saat ini melalui Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Blora dengan Forum Pengembangan Ekonomi Daerah (FPED) sudah mulai melakukan upaya agar potensi di sentra-sentra industri yang ada bisa tergali dengan optimal.

Salah satunya adalah dengan membentuk cluster-cluster yang ada, seperti cluster batik tulis, cluster handycraf, cluster barongan, cluster makanan olahan, serta beberapa cluster lainnya.

”Dengan adanya adanya cluster diharapkan bisa memperkuat dan mampu mengembangkan jaringan bisnis mereka supaya bisa berkembang dengan baik,” ungkap Sekretaris Forum Pengembangan Ekonomi Daerah (FPED) Blora Sri Raharjo.

Menurutnya potensi yang ada di sentra saat ini memang belum banyak tergali secara optimal, pasalnya masih banyak mengembangkan secara perseorangan, padahal jika bergabung tentu akan lebih baik dan besar.

Dia mencontohkan seperti yang ada di Cepu dengan sentra makanan olahan egg roll waluh, di sana satu sama lainnya sudah saling bekerja sama untuk memenuhi pesanan dari luar Blora yang dalam bulanbulan tertentu sangat banyak.

Dia mengungkapkan selain sentra egg roll yang mulai mengeliat adalah cluster Batik yang tersebar di hampir semua Kecamatan di Blora. ”Meskipun baru sekitar tiga tahun digulirkan ternyata perkembangannya sangat bagus, bahkan kini menjadi salah satu ikon Blora,” ujarnya.

Dia melihat di Blora sebenarnya banyak komunitas usaha yang layak dibuat cluster dan sentra. Sebab banyak manfaat dan keuntungan jika menjadi sentra dank luster, seperti bisa mendapatkan program pendampingan dan pembinaan dari dinas terkait sehingga lebih terarah dan promosi terhadap produk usaha akan lebih kuat. 

Ia pun mengharap adanya program pendampingan dan pembinaan dari dinas terkait sehingga lebih terarah dan promosi terhadap produk usaha akan lebih kuat. “Sudah beberapa cluster yang ikut pelatihan langsung dan promosi dengan cara diikutkan dalam pameran-pameran yang diadakan di luar Blora,” katanya. (gie-SMNetwork | Jo-infoblora)
Share this article :

0 komentar:

 
Powered by : Mas Kolis
Info Iklan
Copyright © 2016. infoblora.com - All Rights Reserved