Blora on News :
Home » , » Kelanjutan Proyek PLTS Nglebak Kradenan Senilai Rp 2 Miliar Diserahkan ke Pemkab

Kelanjutan Proyek PLTS Nglebak Kradenan Senilai Rp 2 Miliar Diserahkan ke Pemkab

infoblora.com on Mar 25, 2015 | 3:30 AM

Rumah listrik instalasi PLTS Nglebak tahap I yang telah dibangun pada tahun 2012 lalu, kini jadi percontohan dan akan dilanjutkan pada pembangunan tahap II tahun 2015 ini.
BLORA. Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) memberi kepercayaan kepada Pemkab Blora untuk melanjutkan proyek Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) di Desa Nglebak, Kecamatan Kradenan. Kementerian ESDM mengucurkan dana alokasi khusus (DAK) lebih dari Rp 2 miliar untuk melanjutkan proyek tahap II tersebut.

”Proyek tahap I dilaksanakan 2012 dan ditangani Kementerian ESDM. Setelah proyek itu berhasil dan menjadi percontohan nasional, Pemkab Blora diserahi kepercayaan untuk melanjutkan proyek tersebut tahun ini,” ujar Kepala Dinas ESDM Blora Setyo Edy, kemarin.

Menyikapi kepercayaan tersebut, kata Setyo Edy, pihaknya sudah mulai melakukan persiapan lelang. Menurutnya lelang dilakukan terbuka melalui internet di Unit Layanan Pengadaan (ULP) Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE) Pemkab Blora.
Dengan sistem seperti itu, akan terbuka kesempatan bagi perusahaan di seluruh Indonesia untuk turut serta dalam lelang. 

”Silahkan ikut lelang. Kami ingin proyek tahap II PLTS Nglebak itu berhasil dengan baik sehingga menjadi percontohan nasional lagi,” tandas Setyo Edy.

Seperti diketahui, di tahun 2014 Blora mendapatkan alokasi anggaran bantuan DAK dari kementerian ESDM yang diperuntukan bagi proyek PLTS tahap II di Desa Nglebak, Kecamatan Kradenan.

Hanya saja karena penetapan APBD 2014 terlambat, yakni pada 12 Juni 2014, proyek itupun tidak jadi dilaksanakan tahun 2014. Namun anggarannya tidak dihapus dalam APBN ataupun dialihkan ke daerah lain. Proyek tersebut akan dilanjutkan tahun ini. 

Kementerian ESDM dapat memahami alasan tidak jadi dilaksanakan proyek PLTS tahap II di Desa Nglebak di tahun 2014 dan meminta proyek tersebut dikerjakan tahun ini.
Proyek tersebut sebagai lanjutan proyek PLTS tahap I di tahun 2012 yang dinilai berhasil. PLTS terpusat atau komunal di pelosok desa itu menjadi perhatian pemerintah pusat dan percontohan nasional.

PLTS Nglebak ini menjadi tempat studi banding proyek serupa dari sejumlah daerah di Indonesia. Kementerian ESDM kerap merekomendasikan PLTS Nglebak sebagai lokasi studi banding bagi daerah lain ingin belajar tentang pemanfaatan dan pengelolaan listrik komunal di kawasan pelosok desa. (Abdul Muiz-SMNetwork |Jo-infoblora)
Share this article :

0 komentar:

 
Powered by : Mas Kolis
Info Iklan
Copyright © 2016. infoblora.com - All Rights Reserved