Blora on News :
Home » , » Jokowi Mengaku Senang Dengan Tradisi Masyarakat Samin di Klopoduwur Blora

Jokowi Mengaku Senang Dengan Tradisi Masyarakat Samin di Klopoduwur Blora

infoblora.com on Mar 9, 2015 | 1:30 AM

Presiden Joko Widodo beserta Gubernur Jateng Ganjar Pranowo dan Bupati Blora Djoko Nugroho bersilahturahmi dengan sedulur sikep di Pendopo Kampung Samin Klopoduwur.
BLORA. Disela kunjungan kerja ke Kabupaten Blora pada Sabtu (7/3) lalu, Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Ibu Negara Iriana menyempatkan diri mengunjungi sedulur sikep (sebutan warga Kampung Samin), di Dukuh Karangpace, Desa Klopoduwur, Kec. Banjarejo.

Dalam kesempatan tersebut, di hadapan Presiden, Bupati Blora Djoko Nugroho menyampaikan bahwa masyarakat sedulur sikep di Dukuh Karangpace ini masih memegang teguh tradisi dan kebudayaan yang patut untuk dicontoh.

“Kesederhanaan, kejujuran, menjaga kelestarian alam dan pakaian adat merupakan beberapa contoh tradisi atau kebiasaan perilaku yang terus dipraktekkan oleh sedulur sikep disini. Begitu juga dengan Pemkab Blora yang terus berusaha meneladani nilai-nilai luhur sedulur sikep yang diajarkan pendahulunya Samin Surosentiko,” kata Bupati.

“Untuk diketahui, di lingkungan Pemkab Blora sendiri setiap hari kamis di akhir bulan, kita menggunakan seragam pakaian sedulur sikep (samin) sebagai wujud dukungan pelestarian budaya khususnya pakaian adat. Bahkan pada bulan Februari kemarin Pemerintah Provinsi Jawa tengah (Jateng) juga memulai penggunaan pakaian adat setiap tanggal 15 dan kebetulan Pak Gubernur Ganjar Pranowo memilih pakaian adat sedulur sikep Blora sebagai pakaian kerjanya,” tambah Bupati, disambut tepuk tangan masyarakat yang hadir.

Mendengar penjelasan Bupati, Presiden Jokowi mengaku senang dengan tradisi masyarakat Samin yang terus menjaga budaya adatnya, salah satunya dengan mengenakan pakaian adat, yang juga dikenakan oleh Gubernur Jateng Ganjar Pranowo. Ia meminta warga Samin agar terus merawat perkampungan adat dan budayanya untuk mencegah masuknya budaya asing.

“Semua hal yang berkaitan dengan budaya leluhur yang dari turun temurun selalu dipertahankan. Ini yang nantinya akan menjadi kekuatan bangsa, karakter kita dan tidak hilang ditelan oleh waktu dan jaman,” tutur Jokowi, saat berdialog dengan ratusan sedulur sikep di Pendopo Kampung Samin Karangpace. (rs-infoblora)
Share this article :

0 komentar:

 
Powered by : Mas Kolis
Info Iklan
Copyright © 2016. infoblora.com - All Rights Reserved