Blora on News :
Home » , » Desa Palon, Kawengan dan Blungun Bakal Jadi Pusat Pembibitan Sapi PO di Blora

Desa Palon, Kawengan dan Blungun Bakal Jadi Pusat Pembibitan Sapi PO di Blora

infoblora.com on Mar 10, 2015 | 3:00 AM

Bupati Blora Djoko Nugroho didampingi Kepala Dintanbunakikan memeriksa sapi peranakan ongole (PO) di lapangan Desa Palon Kecamatan Jepon, kemarin.
BLORA. Tiga desa, yakni Desa Palon, Kawengan dan Blungun yang berada di wilayah Kecamatan Jepon akan dijadikan  pusat pembibitan sapi Peranakan Ongole (PO) di Kabupaten Blora. Kepala Dinas Pertanian, Perkebunan, Peternakan dan Perikanan (Dintanbunakikan) Blora, Ir.Reni Miharti mengemukakan hal itu di sela-sela acara Panen Pedet yang di tempatkan di lapangan Desa Palon, Kecamatan Jepon, kemarin.

Menurutnya, di tahun 2015 pemerintah pusat melalui Kementerian Pertanian, Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan akan mengalokasikan inseminasi buatan untuk 2.000 ekor sapi. Dibanding tahun sebelumnya, jumlah inseminasi buatan itu meningkat,  200 ekor sapi. “Dari 200 ekor sapi tingkat keberhasilannya 98 ekor atau 47 persen,” jelas Ir Reni.

Ke depan Dinas Pertanian akan melakukan langkah-langkah untuk meningkatkan kemampuan petugas dan kesiapan kelompok tani agar tingkat keberhasilan meningkat dengan target minimal 50 persen.

Atas keberhasilan itu, Bupati Blora, Djoko Nugroho  memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada para kelompok tani di Kecamatan Jepon.  Dan berpesan agar  hasil yang sudah dicapai tersebut selalu ditingkatkan. 

”Blora gudangnya sapi terutama jenis ongole. Dari Pusat, Blora disuruh mempertahankan, pemerintah memberikan banyak bantuan sebagai apresiasi atas kerja keras para petani sekaligus upaya pemerintah dalam rangka mensejahterakan masyarakat khususnya para petani,” ungkap Bupati.

Dikemukakan, import sapi juga sangat berpengaruh terhadap ternak sapi di Kabupaten Blora. Untuk itu kebijakan Pemerintah harus berpihak pada peternak jangan sampai harga sapi jatuh, ”Alhamdulillah keluhan itu didengar pemerintah pusat,” pungkasnya. (DPPKKI | jo-infoblora)
Share this article :

0 komentar:

 
Powered by : Mas Kolis
Info Iklan
Copyright © 2016. infoblora.com - All Rights Reserved