Blora on News :
Home » , » Bupati Djoko Nugroho Dukung Penuh Upaya Pelestarian Seni Budaya Daerah

Bupati Djoko Nugroho Dukung Penuh Upaya Pelestarian Seni Budaya Daerah

infoblora.com on Mar 25, 2015 | 12:00 AM

Bupati Blora Djoko Nugroho saat tampil dengan seniman dalam pertunjukan wayang kulit, belum lama ini.
BLORA. Bupati Blora Djoko Nugroho mendukung sepenuhnya pelestarian budaya dan kearifan lokal bagi masyarakat Blora. Sebab dengan terus melestarikan tradisi yang ada maka secara otomatis telah mengajarkan kesantunan, kebersamaan dan moral kepada masyarakat.

“Di semua negara manapun yang menggunakana dan melestarikan budaya daerahnya terbukti bisa maju,” ujar Bupati Blora Djoko Nugroho.

Untuk itu dia meminta agar di setiap sekolah bahasa jawa dan pengenalan akan kesenian daerah perlu untuk diberlakukan. Bahkan setiap hari Kamis minggu keempat, di lingkungan Pemkab Blora seluruh PNS mengenakan pakaian adat samin. Begitupun dengan penggunaan bahasa jawa untuk hari-hari tertentu.

“Bahkan warga Blora bisa menyaksikan pertunjukan wayang kulit setiap malam Jum’at pon di pendopo secara gratis,” jelasnya, kemarin.

Tidak hanya itu, beberapa tahun belakangan ini Pemkab juga gencar menggelar event seni budaya. Bahkan event tersebut digelar setingkat nasional seperti halnya Festival Tayub Nusantara dan Festival Barong Nusantara yang keduanya merupakan kesenian khas Kabupaten Blora.

Itu semua dilakukan agar budaya dan pelaku seniman di Blora juga tetap eksis serta generasi muda bisa terus mengetahui dan melestarikan nilai-nilai luhur apa yang ada dalam budaya Jawa, khususnya Kabupaten Blora. (gie-SMNetwork | Jo-infoblora)
Share this article :

0 komentar:

 
Powered by : Mas Kolis
Info Iklan
Copyright © 2016. infoblora.com - All Rights Reserved