Blora on News :
Home » , » 54 Kelompok Tani di Blora Terima Bantuan Traktor dari Pemerintah Pusat

54 Kelompok Tani di Blora Terima Bantuan Traktor dari Pemerintah Pusat

infoblora.com on Mar 12, 2015 | 2:00 AM

Bupati Blora Djoko Nugroho memeriksa beberapa traktor yang akan diserahkan kepada 54 kelompok tani.
BLORA. Pemerintah Pusat kembali memberikan kepercayaan kepada para petani di Blora. Kali ini kepercayaan itu diwujudkan dengan pemberian bantuan sebanyak 54 traktor pengolah tanah kepada 54 kelompok tani. Pada tahun-tahun sebelumnya, bantuan serupa pernah diberikan kepada kelompok tani yang berbeda.

Bantuan diberikan bertujuan agar pengolahan lahan pertanian menjadi lebih cepat dan lebih baik. Dengan demikian, diharapkan hasil panen akan lebih meningkat. Bantuan 54 traktor dari Kementerian Pertanian itu disampaikan kepada kelompok tani yang berhak menerimanya, kemarin.

Bupati Djoko Nugroho meminta, agar traktor bantuan dari Kementerian Pertanian dirawat dan dipakai dengan baik dalam rangka mendukung program kedaulatan pangan. 

”Traktor ini jangan sampai dijual karena itu merupakan sandang pangan panjenengan.
Kalau saya mendengar ada yang menjualnya, selamanya tidak akan saya beri bantuan lagi,” tegasnya. 

Dia menuturkan, produksi padi dan jagung sudah cukup baik. Setiap tahun jumlah produksi yang ditargetnya bisa direalisasikan dengan baik. Menurutnya, Pemkab tahun ini tetap fokus pada bidang pertanian.

”Presiden Joko Widodo (Jokowi) datang ke Blora beberapa hari lalu adalah dalam rangka program kedaulatan pangan. Presiden ingin hasil pertanian yang antara lain dibudidayakan di lahan hutan, produksinya bisa meningkat,” ujarnya saat memberikan sambutan musyawarah rencana pembangunan (musrenbang) kabupaten 2015 di gedung Sasana Bakti, kemarin.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian Perkebunan Peternakan dan Perikanan (Dintanbunakikan), Reni Miharti mengatakan, bantuan peralatan pertanian penting karena pada 2015 produksi padi ditargetkan naik 15 persen dari tahun sebelumnya.

”Setelah menerima bantuan, kami berharap petani bisa meningkatkan produksi padi, jagung, kedelai (pajale),” ujarnya. Dia mengungkapkan, sampai 2014 terdapat 3.607 traktor roda dua dan tiga unit traktor roda empat.

Sedangkan luas lahan pertanian mencapai 68.000 hektare. Jadi, rata-rata satu traktor digunakan untuk mengolah 19 hektare lahan, itupun kalau penyebarannya merata.

”Diharapkan setelah menerima bantuan petani lebih giat lagi menanam pajale sehingga produksinya bisa meningkat,” katanya. (Abdul Muiz-SMNetwork | Jo-infoblora)
Share this article :

0 komentar:

 
Powered by : Mas Kolis
Info Iklan
Copyright © 2016. infoblora.com - All Rights Reserved