Blora on News :
Home » , » Pertamina PHE Randugunting Siapkan Pengeboran Migas di Desa Plantungan Blora

Pertamina PHE Randugunting Siapkan Pengeboran Migas di Desa Plantungan Blora

infoblora.com on Feb 15, 2015 | 3:30 AM

Pengeboran migas yang dilakukan di sumur KGR Kec.Tunjungan Blora tahun lalu gagal menemukan minyak. Kini akan melakukan pengeboran keempat di Desa Plantungan Blora pertengahan tahun 2015.
BLORA. Setelah tiga kali gagal mendapatkan minyak, Pertamina Hulu Energi (PHE) Randugunting kembali merencanakan pengeboran. Menurut rencana, pengeboran keempat akan dimulai Agustus mendatang dan mengambil lokasi di Desa Plantungan, Kecamatan Blora.

Saat ini, PHE Randugunting fokus pada pembebasan lahan dan mendatangkan berbagai peralatan untuk persiapan eksplorasi. ”Agustus nanti (PHE Randugunting) akan mulai mengebor lagi,” kata Kepala Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Setyo Edy di sela-sela ziarah ke makam leluruh Kabupaten Blora, kemarin.

Ziarah ini merupakan salah satu agenda sebelum melakukan pengeboran yang diberi nama eksplorasi Wonopotro-1. Selain Setyo Adi, pejabat yang ikut mendampingi manajemen PHE Randugunting antara lain Kepala Bidang Pertambagan Teguh Wiyono, Direktur Pengembangan PT Blora Patra Energi (BPE) Adi Santosa, dan Camat Blora Kuntoaji. 

Dari sejumlah makam yang dikunjungi, antara lain makam Sunan Pojok dan makam bupati-bupati Blora tempo dulu di Ngadipurwo. ”Setelah ziarah kita langsung ke lokasi yang akan dibor,” tambahnya.

Sebelum di Plantungan, perusahaan tersebut sudah tiga kali melakukan eksplorasi migas di wilayah Blora. Namun, gagal mendapatkan minyak. Pengeboran pertama dan kedua dilakukan di Desa Krocok, Kecamatan Japah pada 2010. Eksplorasi dilanjutkan di Desa Tinapan, Kecamatan Todanan pada 2011 dan di sumur Kenangarejo (KGR) 1 di Desa Sambongrejo, Kecamatan Tunjungan. 


Perusahaan itu mengebor di wilayah Blok Randugunting yang wilayahnya meliputi kabupaten di Jateng (Blora, Grobogan, Pati, dan Rembang) dan Tuban (Jatim). Blok ini diperkirakan memiliki potensi minyak berkisar dua miliar barel. ”Hanya saja, sampai sekarag belum diketahui secara pasti di mana titik koordinat yang memiliki sumber minyak baru itu,” ujarnya.

General Manejer PHE Randugunting Abdul Muthalib Masdar menjelaskan, pengeboran di sumur ini menjadi harapan baru bagi PHE Randugunting. ”Kami mohon doa dan dukungannya. PHE Randugunting ingin membuktikan, kandungan minyak di Blok Randugunting ini memang besar,” ucap Masdar. (Priyo-KOMA | Jo-infoblora)
Share this article :

0 komentar:

 
Powered by : Mas Kolis
Info Iklan
Copyright © 2016. infoblora.com - All Rights Reserved