Blora on News :
Home » , » Pemkab Blora Ajukan Pupuk 2.094 Ton Pupuk Untuk Petani Hutan

Pemkab Blora Ajukan Pupuk 2.094 Ton Pupuk Untuk Petani Hutan

infoblora.com on Feb 22, 2015 | 1:30 AM

Kepala Distanbunakikan Blora Reni Miharti
BLORA. Pemkab Blora melalui Dinas Pertanian, Perkebunan, Peternakan dan Perikanan (Distanbunakikan) Blora mengajukan usulan pupuk bersubsidi untuk petani penggarap lahan hutan sebanyak 2.094 ton. Usulan tersebut sudah diajukan ke Pemprov Jateng yang selanjutnya diteruskan ke pemerintah pusat.

”Selain petani yang menggarap lahan persawahan, kami juga mengusulkan pupuk untuk petani penggarap lahan hutan. Sebab, lahan hutan juga sebagian ditanani tanaman pangan. Saat ini, kami tengah menunggu hasilnya. Tapi, biasanya jumlah diterima lebih sedikit dari usulan,” kata Kepala Distanbunakikan Reni Miharti. 

Dia menjelaskan, jumlah pupuk untuk petani hutan yang diusulkan terdiri dari jenis urea 550 ton, NPK 1.380 ton, dan ZA 7 ton. Selain itu, ada pupuk organik sebanyak 150 ton dan SP-36 dengan jumlah 7 ton. ”Usulan ini sudah kami sesuaikan dengan RDKK (rencana definitif kebutuhan kelompok) yang dibuat kelompok petani penggarap lahan hutan di Blora,” lanjutnya.

Dia berharap, dengan adanya usulan khusus petani hutan ini, nanti tidak terjadi rebutan pupuk di kalangan petani. Sebab, pupuk bersubsidi di pasaran sering kurang dan salah satu yang dituding menjadi penyebab, yakni petani lahan hutan ikut membeli pupuk tersebut. 

Untuk penyusunan RDKK petani hutan, berbeda dengan pupuk bagi petani persawahan. Penyusunan RDDK untuk petani hutan harus melibatkan Perhutani di enam kesatuan pemangkuan hutan (KPH). Mereka terdiri dari KPH Cepu, Blora, Ngawi, Randublatung, Kebonharjo, dan Rembang. 

”Enam KPH ini bertemu dulu dengan Distanbunakikan untuk mencocokkan jumlah lahan di wilayahnya yang ditanami tanaman pangan. Dari luas lahan itu diperkirakan jumlah pupuk yang dibutuhkan,” imbuh Reni. (Priyo-Koma | Alf-infoblora)
Share this article :

0 komentar:

 
Powered by : Mas Kolis
Info Iklan
Copyright © 2016. infoblora.com - All Rights Reserved