Blora on News :
Home » , » KPU Blora Belum Yakin Pilkada 2015 Akan Dilaksanakan Bulan Desember

KPU Blora Belum Yakin Pilkada 2015 Akan Dilaksanakan Bulan Desember

infoblora.com on Feb 25, 2015 | 1:00 AM

Komisioner KPU Kabupaten Blora menyusun tahapan Pilkada yang belum pasti bisa dilaksanakan pada bulan Desember mendatang.
BLORA. Hasil revisi UU tentang Pilkada menyebutkan, Blora masuk dalam daftar daerah yang akan mengikuti pilkada serentak, pada Desember 2015. Meski demikian, KPU Blora tak yakin pemilihan bupati (pilbup) itu akan tetap akan dilaksanakan pada bulan tersebut.

Ketua KPU Blora Arifin menyatakan, dalam rapat Panja Revisi UU Pilkada, pesta demokrasi serentak itu akan diselenggarakan pada 16 Desember. Sementara tanggal tersebut, berdekatan dengan perayaan Natal. Sehingga menurut dia, akan mengganggu kepentingan umum.

”Pelaksanaan pilkada biasanya membutuhkan proses selama sepuluh hari. Dan bila dihitung sepuluh hari ke depannya, akan bertemu dengan perayaan Natal,” katanya, kemarin.

Menurutnya, untuk sementara ini, pemilihan tanggal 16 Desember 2015 belum disyahkan secara resmi. Kemungkinan pelaksanaan pilbup tersebut akan diajukan, agar tidak mengganggu perayaan hari raya tersebut.

”Kemungkinan bisa diajukan pada bulan November. Tapi semua itu belum bisa diputuskan sebelum kami terima PKPU (peraturan KPU),” ungkapnya.

Dengan belum adanya PKPU, untuk sementara ini KPU Blora belum bisa melakukan apa-apa, untuk mempersiapakan segala hal untuk menggelar pilbup yang akan datang. ”Kalau sudah ada PKPUnya barulah kami akan segera bekerja, untuk menyiapkan segala hal yang harus dilakukan untuk menggelar pilkada,” terangnya.

Seperti diketahui Panja Revisi UU Pilkada DPR RI dan pemerintah menyepakati pelaksanaan pilkada daerah secara serentak, dilakukan dalam beberapa gelombang mulai Desember 2015. Kesepakatan tersebut dicapai pada pembahasan RUU Pilkada pada Senin (16/2). 

Pelaksanaan pilkada secara serentak akan dilakukan dalam tujuh gelombang, hingga dicapai pilkada serentak secara nasional pada 2027. Pilkada serentak untuk gelombang pertama akan dilakukan pada Desember 2015, untuk kepala daerah yang masa jabatannya berakhir pada 2015, serta pada semester pertama 2016.

Blora termasuk daerah yang masuk dalam pilkada serentak gelombang pertama tersebut. Beberapa calon sudah mulai muncul, dan mendaftarkan di partai politik yang akan digunakan sebagai kendaraan. (Priyo-Koma | Alf-infoblora)
Share this article :

0 komentar:

 
Powered by : Mas Kolis
Info Iklan
Copyright © 2016. infoblora.com - All Rights Reserved