Blora on News :
Home » , » Gubernur Ganjar Pranowo Kenakan Pakaian Samin Blora di UGM Yogyakarta

Gubernur Ganjar Pranowo Kenakan Pakaian Samin Blora di UGM Yogyakarta

infoblora.com on Feb 16, 2015 | 11:30 AM

Gubernur Ganjar Pranowo kenakan pakaian Samin Blora.
YOGYAKARTA. Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo hari ini, Senin (16/2) tampil beda tidak seperti hari-hari biasanya saat dinas kantor. Dengan mengenakan pakaian adat Samin Blora yang serba hitam, orang nomor satu di Jawa Tengah ini tampak menarik sehingga mencuri perhatian para hadirin yang hadir di acara Wisuda Program Sarjana dan Diploma Periode II Kampus Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta.

Ini merupakan salah satu upaya untuk melestarikan dan mengenalkan potensi sosial budaya yang dimiliki Jawa Tengah oleh pemerintah provinsi (pemprov), khususnya tentang pakaian adat yang beragam jenis ada di Jateng. Tidak hanya gubernur, semua jajaran pegawai se Pemprov Jateng hari ini juga mengenakan pakaian adat dari berbagai daerah di Jawa Tengah.

Untuk diketahui, Pemprov Jateng mulai bulan ini menjalankan kebijakan setiap tengah bulan semua pegawai diwajibkan mengenakan pakaian adat saat bekerja di kantor ataupun dinas keluar. “Tepatnya setiap tanggal 15 pertengahan bulan, namun karena bulan Februari ini tanggal 15 jatuh hari Minggu, maka kebijakan ini dilaksanakan pada tanggal 16 ini,” kata Sinoeng N Rachmadi, Humas Pemprov Jateng.

Sementara itu Gubernur Jateng Ganjar Pranowo menjelaskan, bahwa kebijakan ini tidak kaku, dalam arti tidak harus mengenakan pakaian adat lengkap dan tidak harus terpaku pada suatu daerah di Jateng. “Mereka dibebaskan untuk memilih salah satu pakaian adat yang ada di berbagai wilayah Kabupaten/Kota se Jawa Tengah. Pilih yang sederhana sehingga tidak mengganggu aktivitas kerja. Seperti yang saya pakai ini, saya pilih pakaian adat masyarakat Samin dari Kabupaten Blora yang cukup unik dan sederhana,” ungkapnya.

Mengisi acara wisuda program Sarjana dan Diploma Universitas Gadjah Mada Yogyakarta, Ganjar kenakan pakaian adat masyarakat Samin Blora.
Kenalkan Samin
Kali pertama Ganjar Pranowo kenakan pakaian Samin dalam bekerja, sengaja untuk mengangkat kearifan lokal masyarakat Samin yang berasal dari Blora dan telah menyebar di beberapa kabupaten di Jawa Tengah seperti Pati, Kudus dan Grobogan. Tentu banyak yang belum tahu bagaimana pakaian khas orang Samin (Sedulur Sikep, sebutan lain orang samin-red).

Masyarakat Samin cenderung tampil sederhana dan seadanya yang identik dengan pakaian serba hitam. Baju atasan hitam tanpa kerah, celana panjang hitam diatas mata kaki, ikat kepala hitam serta dipadukan dengan sendal hitam. Hitam merupakan simbol kesederhanaan, dan simbol bahwa manusia selalu mempunyai kerendahan hati, tidak boleh sombong terhadap sesama.

Jauh sebelum kebijakan Pemprov Jateng ini dicanangkan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Blora juga sudah lebih dahulu menerapkan kebijakan seragam pakaian Samin bagi pegawai setiap hari Kamis di akhir bulan. Samin yang dahulunya dicap sebagai kaum penentang kebijakan pemerintah dan terbelakang akibat propaganda penjajah, kini dengan gencarnya sosialisasi kehidupan masyarakat Samin yang sebenarnya, perlahan anggapan itu hilang dan berubah menjadi kearifan lokal yang menarik dan patut dicontoh kesederhanaannya. (Jo-infoblora)
Share this article :

0 komentar:

 
Powered by : Mas Kolis
Info Iklan
Copyright © 2016. infoblora.com - All Rights Reserved