Blora On News :
Home » , » Pemilu 2014 : Persyaratan Anggota KPPS Minimal Berpendidikan SLTA

Pemilu 2014 : Persyaratan Anggota KPPS Minimal Berpendidikan SLTA

Written By infoblora.com on Feb 13, 2014 | 11:26 AM

Ilustrasi petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS)
BLORA. Persyaratan untuk menjadi anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) dalam Pemilu 2014 harus berpendidikan paling rendah SLTA/sederajat dinilai memberatkan.
Pembentukan KPPS pun terutama di pelosok desa dinyakini akan mengalami kesulitan. Pasalnya di desa-desa terpencil tidak banyak warga yang berpendidikan SLTA/ sederajat dan mau menjadi anggota KPPS.

Syarat untuk menjadi anggota KPPS diatur dalam Peraturan KPU (PKPU) Nomor 11 Th 2013 tentang Perubahan atas PKPU Nomor 03 Tahun 2013 tentang Pembentukan dan Tata Kerja PPK, PPS, dan KPPS dalam Penyelenggaraan Pemilu Anggota DPR, DPD dan DPRD Tahun 2014. Persyaratan itu diantaranya berusia paling rendah 25 tahun dan berpendidikan paling rendah SLTA/sederajat.

''Kalau persyaratan itu diterapkan, terutama pada poin berpendidikan paling rendah SLTA sederajat, bisa jadi pembentukan KPPS akan mengalami kesulitan. Terutama KPPS di desa-desa terpencil dan TPS-nya cukup banyak,'' ujar salah seorang anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) di Blora yang enggan namanya disebutkan, Rabu (12/2) kemarin.

Dia cenderung mengusulkan aturan persyaratan minimal berijazah SLTA/sederajat bagi anggota KPPS itu diubah. Ataupun jika tidak diubah, KPU pusat mengeluarkan kebijakan baru sama seperti pada pemilu sebelumnya.

''Sekarang ini memang banyak anak-anak muda di desa yang pendidikannya SLTA/sederajat. Namun pertanyaannya apakah mereka mau menjadi anggota KPPS. Saya cenderung mengusulkan warga yang sudah mempunyai pengalaman menjadi anggota KPPS di pemilu sebelumnya direkrut lagi menjadi KPPS pada pemilu 2014,'' katanya.

Ketua KPU Blora, Arifin, mengemukakan pihaknya telah mengeluarkan  kepada Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) tentang pembentukan KPPS. Menurutnya KPPS dibentuk oleh PPS. Jadwal pembentukan KPPS mulai 9 Februari hingga 9 Maret 2014. Jumlah anggota KPPS di satu TPS sebanyak tujuh orang. Adapun jumlah TPS di Blora sebanyak 2020 TPS.

''Sehingga tinggal dikalikan saja, anggota KPPS yang dibutuhkan berapa banyak. Yakni 2020 TPS dikalikan tujuh,'' ujar Arifin.

Dengan demikian jumlah anggota KPPS di Kabupaten Blora sebanyak 14.140 orang. Arifin menegaskan KPU Blora tidak mempunyai kewenangan dalam pengaturan persyaratan menjadi anggota KPPS.
(rs-infoblora | Abdul Muiz / CN37 / SMNetwork)
Share this article :

0 komentar:

EVENT BLORA

DATE/TIME EVENT
19 Juli 2014 20.00-selesai
Live Music "BLORA KUIL SLANKERS PESTA DAMAI", di Taman Mustika Kota Blora.
21-25 Juli 2014
BLORA EXPO 2014 (Pameran Produk UMKM dan Kebutuhan Lebaran), di BLOK T Kota Blora.
29 Juli 2014
FESTIVAL TEMPURAN, Gebyar Hiburan Rakyat di kawasan Waduk Tempuran Blora.
29-30 Juli 2014
GEBYAR SYAWALAN GOA TERAWANG Todanan, dimeriahkan OM.SAGITA
*Jadwal dapat berubah sewaktu-waktu, Follow @info_Blora
 
Support : Pemkab Blora | Suara Merdeka | Koran Wawasan | Jawa Pos | Suarabanyuurip
Powered by : maskholis
Info Iklan
Copyright © 2011-2014. infoblora.com - All Rights Reserved