Blora On News :
Home » , » Lelang Barang dan Jasa Pemkab Blora Dipusatkan di Unit Layanan Pengadaan

Lelang Barang dan Jasa Pemkab Blora Dipusatkan di Unit Layanan Pengadaan

Written By infoblora.com on Jan 8, 2014 | 7:38 PM

Bupati Djoko Nugroho meresmikan Unit Layanan Pengadaan (ULP) Barang dan Jasa kemarin. (rs-infoblora)
BLORA. Unit Layanan Pengadaan (ULP) telah dibentuk di Kabupaten Blora. Karena itu, lelang pengadaan barang dan jasa pada instansi pemerintah akan dipusatkan di ULP yang diresmikan keberadaannya oleh  Bupati Djoko Nugroho kemarin (7/1/2014).

Guna mendukung pelaksanaan tugas ULP, Pemkab menyaring para pegawai negeri sipil (PNS) yang memiliki sertifikasi keahlian pengadaan barang dan jasa. Kepala Bagian Administrasi Pembangunan Sekretariat Daerah (Setda) Blora, Wahyu Agustini mengungkapkan seleksi diikuti 256 PNS yang memiliki sertifikasi pengadaan barang dan jasa. Dari jumlah tersebut akan diambil 48 orang.

"Mereka nantinya akan bertugas di ULP sebagai kelompok kerja. Mereka berasal dari 20 satuan kerja perangkat daerah (SKPD) yang ada di Pemkab Blora," ujarnya dalam sambutan peresmian ULP di ruang pertemuan Pemkab Blora, kemarin.

Pembentukan ULP di setiap kabupaten dan kota sebagai tindak lanjut Peraturan Presiden. Menurut Wahyu Agustini ULP wajib dibentuk paling akhir tahun 2014. Adapun tujuan pembentukan ULP antara lain menjamin proses pelaksanaan pengadaan barang dan jasa yang lebih terintegrasi, efektif dan efisien sesuai dengan tata nilai pengadaan.

Selain itu juga menjamin pelaksanaan pengadaan barang dan jasa dilakukan oleh organisasi dan aparatur yang profesional. DI Blora, Kantor ULP menempati ruangan bersebelahan dengan ruang Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE) di Setda Blora.

Bupati Djoko Nugroho dalam sambutannya meminta seluruh SKPD memanfaatkan ULP dengan baik, dia juga mewajibkan SKPD mengirim personil terbaiknya untuk ditugaskan di ULP. Dalam kesempatan itu Bupati mengingatkan nilai penawaran terendah dalam lelang pengadaan barang dan jasa bukan jaminan menjadi pemenang. "Penawaran terendah akan menjadi pemenang lelang, itu pemikiran yang salah," kata Bupati.

Bupati lalu mencontohkan beberapa proyek di Blora yang penawarannya rendah beberapa tahun lalu ternyata berdampak pada kualitas proyek. Kontraktor yang pengerjaan proyeknya jelek juga harus di black list.

Bupati pun meminta SKPD untuk tidak bangga lantaran bisa melakukan penghematan anggaran dari adanya nilai penawaran lelang yang rendah. Selain itu, Bupati Djoko Nugroho juga meminta dilibatkannya aparat penegak hukum dalam proses lelang. "Sekali lagi kedepankan kualitas pelaksanaan proyek dengan anggaran yang cukup," tegasnya. (rs-infoblora | H18-42 SM)
Share this article :

0 komentar:

EVENT BLORA

DATE/TIME EVENT
16-8-2014 19.00-selesai
PKRJT #14 menampilkan KESENIAN RAKYAT TAYUB BLORA, di Taman KB Semarang
17-8-2014
08.00-selesai
Lomba mewarnai HUT RI 69 di RSPD Blora
18-8-2014
19.00
Resepsi HUT RI 69 dihibur Campursari Sangga Buana (Cak Dikin & Yati Pesek) di Alun-alun Blora
20-8-2014
08.00
KARNAVAL HUT RI 69 Kab. Blora, rute keliling kota, start Alun-alun Blora - finish GOR Mustika
*Jadwal dapat berubah sewaktu-waktu, Follow @info_Blora
 
Support : Pemkab Blora | Suara Merdeka | Koran Wawasan | Jawa Pos | Suarabanyuurip
Powered by : maskholis
Info Iklan
Copyright © 2011-2014. infoblora.com - All Rights Reserved