Home » , » Wah...Peserta KB Baru di Blora Sekarang Dapat Sembako Gratis

Wah...Peserta KB Baru di Blora Sekarang Dapat Sembako Gratis

infoblora.com on Nov 18, 2013 | 12:10 AM

Winarno, SSos, Kepala BPMPKB Blora
BLORA. Hasil positif dicapai program Keluarga Berencana (KB) di Kabupaten Blora. Hasil kerja itu dibuktikan sampai pertengahan November 2013, penyelesaian program KB sudah mencapai hampir 90 persen dengan 31.000 lebih akseptor KB baru.

Pencapaian program KB sebanyak itu tersebar di 16 kecamatan di Kabupaten Blora, terbanyak dari kecamatan Cepu yang mencapai 100 persen, hasil terendah ada di Kecamatan Jati yang baru mencapai hasil sekitar 50 persen.

"Data sementara sampai akhir Oktober 2013, hasil capaian Kecamatan Jati yang terendah," papar Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat Perempuan dan Keluarga Berencana (BMPKB) Blora, H Winarno, Sabtu (16/11).

Mantan Sekretaris Umum Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Blora menambahkan, rendahnya pencapaian di Kecamatan Jati, bisa dimaklumi karena kondisi geografis yang tergolong berat, banyak desa di tengah hutan, jarak dari kecamatan dan desa juga cukup jauh, fisik jalan buruk dan Petugas Lapangan Keluarga Berencana (PLKB) sangat minim.

Meski banyak kendala, lanjut Winarno, pihaknya optimistis bisa menuntaskan seluruh akseptor KB baru hingga Desember nanti, termasuk untuk Kecamatan Jati. Sebab saat ini fokus pada pelaksanaan akselerasi pelayanan KB kepada masyarakat dengan cara mobile (bergerak) melalui pelayanan KB keliling dan Puskesmas.

"Kami berikan paket sembako kepada para peserta KB baru, ini sebagai salah satu motivasi dan pemberi semangat," tambahnya.

Data yang diterima, menurut Winarno, paling banyak digunakan adalah jenis KB Suntik sementara ini sebanyak 12.712 orang akseptor, pil 6.513 akseptor dan untuk modus oeprasi pria (MOP) pesertanya sangat sedikit hanya sekitar 25 akseptor.

Maka untuk mendukung akselerasi tersebut, pihaknya mengandeng mitra kerja tetap dalam pelaksanaan akselarasi pelayanan KB, seperti PKK, Aisiyah, Muslimat serta dari Kodim dan Polres, dan kader relawan PPKBD yang ada di desa-desa.■ K9-Tj (ms-infoblora | Wawasan 17/11)
Share this article :

0 komentar:

 
Copyright © 2018. infoblora.com - All Rights Reserved