Blora On News :
Home » , » Memasuki Kemarau, 185 Desa dan 12 Kelurahan di Kab.Blora Rawan Kekeringan

Memasuki Kemarau, 185 Desa dan 12 Kelurahan di Kab.Blora Rawan Kekeringan

Written By infoblora.com on Aug 12, 2013 | 8:14 AM

Banyaknya desa yang kekeringan membuat salah satu organisasi membantu menyalurkan bantuan air bersih ke desa-desa yang rawan kekeringan tersebut tahun kemarin. (infoBlora)
BLORA. Sebanyak 185 desa dan 12 kelurahan di Blora masuk kategori rawan kekeringan. Salah satu indikasinya, warga di desa dan kelurahan itu sulit mendapatkan air bersih seiring datangnya musim kemarau hampir setiap tahun. Pemkab Blora menyikapinya dengan memberikan bantuan air bersih di desa dan kelurahan tersebut.

"Tahun ini Pemkab menganggarkan dana sekitar Rp 150 juta untuk bantuan air bersih di desa dan kelurahan rawan kekeringan," ujar Kepala Kantor Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Blora, Sri Handoko, melalui Kepala Bidang Penanggulangan Bencana, Ignatius Ary Soesanto, Minggu (11/8).

Namun diperkirakan jumlah tersebut tidak akan cukup. Sebab berdasarkan pengalaman tahun-tahun sebelumnya, permintaan bantuan droping air bersih akan semakin meningkat memasuki pertengahan musim kemarau. Apalagi berdasarkan data yang ada, jumlah desa yang rawan kekeringan tidak banyak mengalami perubahan dibanding tahun sebelumnya.

"Kalaupun kurang, kami akan minta bantuan ke pihak lain seperti Pemprov Jateng melalui Bakorlin I Pati," tandasnya.

Musim kemarau tahun ini diperkirakan akan berlangsung hingga November. Karena itu droping air bersih hendaknya dilakukan lebih selektif. Artinya, hanya warga yang membutuhkan air dan mengajukan permintaan yang akan dikirimi bantuan

"Untuk menghindari tumpang tindih pendistribusian, lembaga lain yang hendak memberikan bantuan hendaknya berkoordinasi terlebih dulu dengan instansi kami," kata Ary Soesanto.

Dia mengungkapkan bantuan air bersih pertama tahun ini diawali di enam desa di Kecamatan Jati, belum lama ini. Ke-6 desa itu adalah  itu  Desa Doplang, Desa Singget, Desa Jati, Desa Gabusan, Desa Randulawang dan Desa Pengkoljagong. Desa-desa tersebut rawan kekeringan saat musim kemarau. Bantuan sebanyak 28 tangki (satu tangki 5.000 liter) diberikan Pemkab setelah keenam desa itu mengajukan permintaan melalui pemerintah kecamatan.

"Kami membuka pintu bagi pemerintah dan masyarakat desa yang mengajukan bantuan air bersih," ujarnya.
( rs-infoBlora | kontributor : Abdul Muiz / CN39 / SMNetwork )
Share this article :

0 komentar:

Gagak Rimang 105,9 FM

EVENT BLORA

DATE/TIME EVENT
20 Desember 2014, 19.00 WIB



21 Desember 2014, 08.00 WIB

22-24 Desember 2014.

Konser Musik BLORA NGEROCK with Ahmad Albar, Eet Sjahranie, Yaya Mukito Godbless di Alun-alun Blora

Lomba Drumband tingkat SD-SMP-SMA se Kabupaten Blora di GOR Mustika

Kerjurkab Bulutangkis MUSTIKA CUP XII di GOR Kolonel Sunandar Blora
31 Desember 2014. 19.00 WIB GEBYAR MALAM TAHUN BARU 2015 di Car Free Night Jl.Pemuda Blora & Pesta Kembang Api
- -
*Jadwal dapat berubah sewaktu-waktu, Follow @info_Blora
 
Support : Pemkab Blora | Suara Merdeka | Koran Wawasan | Jawa Pos | Suarabanyuurip
Powered by : maskholis
Info Iklan
Copyright © 2011-2014. infoblora.com - All Rights Reserved