Blora On News :
Home » , » Tahun 2013 Blora Tak Buka Formasi CPNS dari Umum, Kenapa? Ini Jawabnya

Tahun 2013 Blora Tak Buka Formasi CPNS dari Umum, Kenapa? Ini Jawabnya

Written By infoblora.com on Jul 25, 2013 | 4:57 PM

Gambar : Ilustrasi tes rekruitmen CPNS
BLORA. Kabupaten Blora tahun ini dipastikan tidak membuka rekrutmen pengawai negeri sipil (CPNS) baru dari jalur masyarakat umum. Sebab, Blora merupakan salah satu kabupaten/kota di Jateng yang tidak menerima jatah kuota formasi CPNS jalur umum.

"Dari 35 kabupaten/kota di Jateng, hanya 11 kabupaten yang menerima kuota jalur umum. Itupun formasinya sedikit,hanya di bawah 100 orang," ujar Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Suwignyo, Senin (22/7).

Meski demikian, kata dia, Blora tetap diberi jatah untuk menggelar tes untuk tenaga honorer K2. Pelaksanaannya diperkirakan pada September mendatang. Seluruh tenaga honorer K2 akan mengikuti tes ini. Hanya mengenai berapa yang akan diangkat belum bisa menjelaskan, karena semua kewenangan ada di pusat. "Tenaga honorer K2 kita sebanyak 1.789 orang. Mereka inilah yang nanti akan ikut tes," tambahnya.

Sebenarnya, lanjut mantan Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (BPMD) ini, BKD Blora sudah mengusulkan banyak formasi. Dia menyebut, formasi yang diusulkan ke pusat tersebut sebanyak 1.185 formasi. Dari jumlah itu, yang paling banyak adalah formasi untuk guru, terutama guru SD yang mencapai 1.001 formasi. Sedangkan sisanya untukformasi lainnya. Misalnya untuk tenaga kesehatan dan tenaga teknis lainnya.

Blora tidak masuk kreteria daerah yang diberi jatah formasi CPNS, karena Kabupaten Blora adalah daerah dengan belanja pegawai melebihi 50 persen dari total APBD-nya. Saat ini, belanja pegawai hampir 70 persen dari total APBD yang Rp 1,3 triliun.

Ke Instansinya

Sementara itu, untuk tenaga honorer K2 yang akan ikut tes, jika dinyatakan lolos akan dikembalikan ke instansinya masing-masing dalam pengangkatannya. Hanya, nanti akan dilihat tingkat pendidikannya dalam penempatan di bagian atau teknis kerjanya. "Ya, nanti tetap di instansi asalnya. Hanya menyesuaikan pendidikannya saja," terang dia.

Kepastian itu, menurut dia, juga untuk menjawab pertanyaan masyarakat selama ini. Sebab, maraknya pemberitaan soal CPNS membuat BKD banyak menerima pertanyaan seputar rekrutmen PNS. K.9-Tj (ms-infoBlora | sumber: Wawasan edisi 23/07)

Share this article :

0 komentar:

EVENT BLORA

DATE/TIME EVENT
20 April 2014
09.00
LATBER TRAB (Trail Adventure Blora) with BLOVESO (Blora Vespa Owner) | Alun-alun Blora
27 April 2014 Live Music Metal "KUNDURAN POROS HITAM" | GOR Kunduran
27 April 2014 BLORA SATAY HARDCORE PRESENTS: BLORA METALFEST #1 | Gdg. Garuda Blora
10 Mei 2014
15.00
KONSER APACHE ROCK n DUT with SETIA BAND, Duo Anggrek, 18+ Band | Lap. 410 blora
*Jadwal dapat berubah sewaktu-waktu @info_Blora
 
Copyright © 2011-2013. infoblora.com - All Rights Reserved