Blora On News :
Home » , » KPU Blora : Jumlah Pemilih Pemilu Legislatif Berkurang, Masyarakat Diminta Proaktif

KPU Blora : Jumlah Pemilih Pemilu Legislatif Berkurang, Masyarakat Diminta Proaktif

Written By infoblora.com on Jul 15, 2013 | 6:45 PM

BLORA. Daftar Pemilih Sementara (DPS) Pemilu Legislatif 2014 diumumkan kemarin. Di Kabupaten Blora, jumlah pemilih untuk pemilihan anggota DPR, DPD, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten sebanyak 702.984 orang. Jumlah tersebut lebih sedikit dibanding saat Pemilihan Gubernur Jateng beberapa waktu lalu yang mencapai 704.896 orang atau berkurang sebanyak 1912 orang.

Berkurangnya jumlah pemilih di Blora, seakan tidak masuk akal karena pemilihan gubernur baru saja dilakukan bulan Mei lalu. Namun demikian Komisi Pemilihan Umum (KPU) Blora, menegaskan DPS tersebut telah melalui proses panjang termasuk pencocokan dan penelitian di lapangan.

"Bisa saja jumlah pemilih mengalami pengurangan. Misalnya karena meninggal dunia atau pindah domisili," ujar Siti Ruhayatin, anggota KPU Blora yang membidangi data pemilih, kemarin.

Ketidaksesuaian Data
Dia mengungkapkan, dalam proses pencocokan dan penelitian, petugas turun langsung ke lapangan. Bahkan mendata satu-persatu pemilih. Menurutnya, dalam proses itu antara lain ditemukan ketidaksesuaian data. Petuugas juda mendapati data warga yang masuk potensial pemilih, namun telah meninggal dunia atau pindah domisili.

Ada pula nama TNI yang masuk daftar pemilih. "Kami cocokkan data yang ada dengan  fakta di lapangan. Hasilnya jumlah pemilih Pemilu Legislatif di Blora sebanyak 702.984 orang," tandas Siti Ruhayatin.

Hanya saja dia menegaskan angka tersebut masih sementara. Perubahan jumlah pemilih masih dapat dimungkinkan. Dia pun meminta masyarakat proaktif melapor kepada KPU atau panitia pemungutan suara (PPS) di Desa, jika mendapati adanya nama warga yang tidak masuk dalam DPS. Padahal telah memenuhi syarat sebagai pemilih.

"Tanggapan dan masukan masyarakat kami tunggu hingga 1 Agustus," kata Siti Ruhayatin.

Selain diumumkan di KPU, Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan selalui radio, data DPS akan diberikan pula kepada Panwas Kabupaten dan Partai Politik. Penyerahan data tersebut dilakukan hari ini, senin (15/7). "Para calon legislatif (caleg) silahkan mencermati DPS ini," tambahnya. (rs-infoBlora | sumber Suara Merdeka)
Share this article :

0 komentar:

LPPL Radio Gagak Rimang

EVENT BLORA

DATE/TIME EVENT
20 September 2014
18.30-selesai
Pemilihan Kangmas Mbakyu Duta Wisata Blora 2014 di Taman Sarbini
21 September 2014
08.00-selesai
Festival Dalang Bocah 2014 di Pendopo Kabupaten Blora
26 Oktober 2014 Lomba Lukis Barongan di Pendopo Kabupaten Blora
30 Oktober 2014
08.00-selesai
Seminar Budaya "Barongan" di Gd. BAPPEDA Jl GOR Blora
*Jadwal dapat berubah sewaktu-waktu, Follow @info_Blora
 
Support : Pemkab Blora | Suara Merdeka | Koran Wawasan | Jawa Pos | Suarabanyuurip
Powered by : maskholis
Info Iklan
Copyright © 2011-2014. infoblora.com - All Rights Reserved