Blora On News :
Home » , , » Kerugian dalam Program City Gas di Blora Diantisipasi

Kerugian dalam Program City Gas di Blora Diantisipasi

Written By infoblora.com on Jul 18, 2013 | 3:49 PM

Ilustrasi Pembangunan Jaringan City Gas di Tarakan
BLORA. Gas yang akan dialirkan ke rumah-rumah warga dalam program city gas dipastikan harganya lebih murah dibanding gas elpiji. Pemkab Blora maupun Badan Usaha Milik Daerah PT Blora Patra Energi (BPE) yang akan mengelola city gas harus siap-siap tidak mendapatkan profit dari penjualan gas city gas tersebut.
Namun langkah antisipasi disiapkan agar tidak merugi. Caranya antara lain dengan meminta Pertamina tidak mengharuskan BUMD membeli semua alokasi gas city gas, tetapi hanya pemakaian gas saja yang dirupiahkan.

‘’Jadi yang dihitung hanya gas yang dipakai rumah tangga dalam city gas. Memang hal ini tidak lazim dalam dunia bisnis gas, tapi akan kami upayakan pengajuan ke Pertamina,’’ ujar Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Utama PT BPE, Christian Prasetya, Kamis (18/7).

City gas akan dilaksanakan di Blora tahun 2014 di Kecamatan Kradenan dan sekitarnya. Pembangunan infrastruktur jaringan gas (jargas) ke rumah warga di ring I Proyek Pengembangan Gas Jawa (PPGJ) mulai dilakukan. Gas yang akan dipakai dalam city gas adalah bagian kecil dari gas yang dihasilkan dalam proyek PPGJ di Desa Sumber, Kecamatan Kradenan.

Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) telah menyerahkan lapangan pembangunan pipa transmisi gas bumi dan pembangunan jaringan distribusi gas bumi untuk rumah tangga, kepada kontraktor, Rabu (17/7).

Pembangunan jargas dijadwalkan selesai Desember 2013. Sehingga pada 2014 program city gas sudah bisa dilaksanakan. Melalui program city gas tersebut warga akan bisa memakai gas tak ubahnya seperti pemakaian air bersih yang disalurkan melalui pipa oleh PDAM ke rumah-rumah.

Di tahap awal dibangun jargas untuk 4.000 kepala keluarga (KK) di ring I proyek PPGJ. Selain masyarakat di Desa Sumber Kecamatan Kradenan, warga yang nantinya akan bisa menikmati pasokan gas dengan harga murah itu antara lain mereka yang berdomisi di Desa Mojorembun Kecamatan Kradenan, Desa Wado, Desa Kemantren, Desa Pulo dan Desa Tanjung Kecamatan Kedungtuban serta Desa Kapuan Kecamatan Cepu. Untuk memenuhi kebutuhan gas warga akan dipasok gas sebanyak 0,02 juta kaki kubik perhari.

‘’City gas ini adalah proyek sosial. Tapi kami juga tidak mau hanya melaksanakan program city gas saja. Karena itu dalam pengajuan awal ke pemerintah, kami juga minta bagian gas PPGJ untuk komersial,’’ tandas Christian Prasetya.

Pengajuan itupun dipenuhi pemerintah. Blora mendapat alokasi sekitar 4 juta kaki kubik (mmscfd). Gas tersebut akan dijual kepada perusahaan industri, termasuk mendirikan stasiun pengisian bahan bakar gas.
‘’Dari situlah keuntungan bisa diperoleh. Keuntungan itu nantinya antara lain dipakai untuk operasional city gas,’’ kata Christian yang juga menjabat direktur utama PT Blora Patragas Hulu. (rs-infoBlora | sumber : Abdul Muiz - Suara Merdeka)
Share this article :

0 komentar:

EVENT BLORA

DATE/TIME EVENT
23 s/d 26 Agustus 2014
Pameran Purbakala, Sejarah Seni dan Karya Budaya Blora 2014 di GOR Mustika
20 September 2014
18.30-selesai
Pemilihan Kangmas Mbakyu Duta Wisata Blora 2014 di Blok T Blora
27 September 2014
19.00-selesai
Konser Reggae TONY Q RASTAFARA "Voice of Samin #2" di Alun-alun
25 Oktober dan 1 November 2014
Festival Barongan Nusantara
*Jadwal dapat berubah sewaktu-waktu, Follow @info_Blora
 
Support : Pemkab Blora | Suara Merdeka | Koran Wawasan | Jawa Pos | Suarabanyuurip
Powered by : maskholis
Info Iklan
Copyright © 2011-2014. infoblora.com - All Rights Reserved