Blora On News :
Home » , » Sekolah Tinggi Agama Islam Muhammadiyah Blora Sosialisasikan Kampus Bebas Rokok

Sekolah Tinggi Agama Islam Muhammadiyah Blora Sosialisasikan Kampus Bebas Rokok

Written By infoblora.com on Jun 27, 2013 | 8:24 PM

Kampus Sekolah Tinggi Agama Islam Muhammadiyah (STAIM) Blora
BLORA. Mengurangi ketergantungan dan menghentikan kebiasaan merokok jadi bahasan utama saat dialog interaktif tentang Kwasan Bebas Rokok di Kampus yang diselenggarakan Sekolah Tinggi Agama Islam Muhammadiyah (STAIM) Blora.

Kepala STAIM Blora, Nasrullah mengatakan, di kampus memang sebetulnya bisa menjadi tempat yang terhindar dari merokok, namun karena di kampus banyak mahasiswa maka untuk mewujudkan hal itu sungguh tidak mudah. "Untuk mewujudkan kampus bebas rokok memang sulit. Namun sosialisasi ini diharapkan bisa menjadikan Kampus STAIM bebas dari rokok," ujarnya dihadapan peserta sosialisasi yang kebanyakan mahasiswa STAIM ini.

Sementara salah seorang narasumber Sofa Muthohar, menambahkan sesuai UU Nomor 23 Tahun 1992 tentang kesehatan, memang sekolah dan fasilitas kesehatan atau tempat umum harus bebas dari orang merokok. Namun demikian kenyataannya masih sulit, yang terjadi hanya di kawasan kesehatan yang bisa terjadi bebas rokok. Namun untuk sekolah dan kampus memang masih sulit. "Untuk di kampus baru ada beberapa kampus negeri yang memberlakukan hal itu," jelas Dosen STAIM ini.

Dia menambahkan, di STAIM selama ini hanya memasang himbauan tentang larangan merokok di beberapa tempat serta tahap lokalisasi tempat merokok sehingga mahasiswa dan dosen tidak merokok di sembarang tempat.

Karena itu diperlukan ruangan khusus untuk area merokok di kampus atau lainnya. Bahkan dia mencontohkan di Blora sendiri sudah ada tempat yang khusus untuk merokok di komplek GOR Mustika, namun ternyata jarang dipakai dan orang dengan bebas merokok di semua area.

"Kawasan tanpa rokok memang belum ada, tapi himbauan untuk tidak merokok sudah ada," terang pria yang juga menjadi sekretaris Pimpinan Daerah Muhammadiyah Blora ini.

Hal lain tentang bahaya merokok menjadi sorotan dr Dyah Ayu Ratnaningtyas dari RS.PKU Muhammadiyah Cepu. Menurutnya merokok memang sangat membahayakan, bukan hanya penghisap tetapi yang secara tidak langsung menghisap pun beresiko. Karena 85% zat berbahaya ada pada aspnya. Karena itu, merokok di sembarang tempat akan merugikan orang lain. "Asapnya lebih berbahaya dan perokok pasif ini yang terkena dampaknya," ungkapnya.

Dia menghimbau agar rokok bisa dihindari, dan apabila merokok bisa memilih tempat yang tidak ramai karena akan mengganggu kesehatan orang yang tidak merokok. "Lebih baik merokok dihindari, sulit memang tapi harus berusaha," tegasnya. (rs-infoBlora | sumber : Suara merdeka)
Share this article :

0 komentar:

EVENT BLORA

DATE/TIME EVENT
19 Juli 2014 20.00-selesai
Live Music "BLORA KUIL SLANKERS PESTA DAMAI", di Taman Mustika Kota Blora.
21-25 Juli 2014
BLORA EXPO 2014 (Pameran Produk UMKM dan Kebutuhan Lebaran), di BLOK T Kota Blora.
29 Juli 2014
FESTIVAL TEMPURAN, Gebyar Hiburan Rakyat di kawasan Waduk Tempuran Blora.
29-30 Juli 2014
GEBYAR SYAWALAN GOA TERAWANG Todanan, dimeriahkan OM.SAGITA
*Jadwal dapat berubah sewaktu-waktu, Follow @info_Blora
 
Support : Pemkab Blora | Suara Merdeka | Koran Wawasan | Jawa Pos | Suarabanyuurip
Powered by : maskholis
Info Iklan
Copyright © 2011-2014. infoblora.com - All Rights Reserved