Blora On News :
Home » » SENI BARONGAN BLORA

SENI BARONGAN BLORA

Written By infoblora.com on Mar 4, 2013 | 10:34 PM

SENI BARONGAN BLORA

SENI BARONGAN BLORA
Barongan Blora, merupakan salah satu kesenian rakyat yang sangat populer di kalangan masyarakat Blora. Alur cerita bersumber dari hikayat panji. Di dalam seni Barong tercermin sifat-sifat kerakyatan seperti spontanitas, sederhana, keras, kompak yang dilandasi kebenaran. Kesenian barongan berbentuk tarian kelompok yang terdiri dari tokoh Singo Barong, Bujangganong, Joko Lodro/Gendruwon. Jaranan/Pasukan Berkuda, serta prajurit. Tari barongan ini diambil dari cerita Panji. Panji adalah seorang Putra Kerajaan Singosari yang menyamar sebagai pengamen. Dia mengamen dengan melakukan tari barongan. Penyamaran yang dia lakukan adalah untuk mengembara mencari kekasihnya yaitu Ayu Galuh Candra Kirana.

Kesenian barongan merupakan kesenian khas Jawa Tengah. Namun, Kabupaten Blora yang bisa dikatakan paling eksis. Bayangkan saja, dari 295 desa di Kabupaten Blora, terdapat 625 paguyuban kesenian barongan. Artinya, setiap desa minimal memiliki dua grup kesenian barongan.
    Apalagi, beberapa budaya tradisi mensyaratkan keterlibatan kesenian barongan di dalamnya. Tradisi lamporan—ritual tolak bala yang berasal dari Desa Kunden, misalnya, mengharuskan keterlibatan barongan. Bahkan, justru Singo Barong yang dianggap sebagai pengusir tolak bala.
    Tak mengherankan bila kesenian barongan sangat populer dan sangat lekat dengan kehidupan masyarakat pedesaan di Kabupaten Blora. Mereka beranggapan bahwa barongan telah berhasil mewakili sifat-sifat kerakyatan mereka, seperti spontanitas, kekeluargaan, kesederhanaan, tegas, kekompakan, dan keberanian yang didasarkan pada kebenaran.
Share this article :

0 komentar:

LPPL Radio Gagak Rimang

EVENT BLORA

DATE/TIME EVENT
23 s/d 26 Agustus 2014
Pameran Purbakala, Sejarah Seni dan Karya Budaya Blora 2014 di GOR Mustika
20 September 2014
18.30-selesai
Pemilihan Kangmas Mbakyu Duta Wisata Blora 2014 di Blok T Blora
27 September 2014
19.00-selesai
Konser Reggae TONY Q RASTAFARA "Voice of Samin #2" di Alun-alun
25 Oktober dan 1 November 2014
Festival Barongan Nusantara
*Jadwal dapat berubah sewaktu-waktu, Follow @info_Blora
 
Support : Pemkab Blora | Suara Merdeka | Koran Wawasan | Jawa Pos | Suarabanyuurip
Powered by : maskholis
Info Iklan
Copyright © 2011-2014. infoblora.com - All Rights Reserved